PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI FISIK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PAKAIAN PADA PERUSAHAAN VORTEX GARMENT BANDUNG

Riyadi Manangka, Melfi (2006) PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI FISIK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PAKAIAN PADA PERUSAHAAN VORTEX GARMENT BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat diperlukan penangan pemasaran yang cukup serius untuk mengatasi persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis dan berusaha untuk menguasai konsumen dalam memasarkan hasil produksinya. Salah satu usaha yang ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut diatas yaitu dengan merancang kegiatan distribusi dalam hal ini yaitu biaya distribusi fisik yang tepat dan terpadu agar konsumen dapat dengan mudah memperoleh produk yang diinginkannya. Biaya distribusi fisik tersebut mencangkup biaya pengendalian persediaan, pergudangan, dan pengangkutan. Pengelolaan biaya distribusi fisik tersebut bertujuan untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan yang sejenis, serta untuk meningkatkan volume penjualan. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya distribusi fisik terhadap volume penjualan pada Vortex Garment Bandung, maka dilakukan penelitian pada perusahaan tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu Deskriptif dan Verifikatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa biaya distribusi fisik pada Vortex Garment setiap tahunnya mengalami peningkatan yang disebabkan adanya pesanan yang masuk dan bahan baku yang ada mengalami peningkatan. Sedangkan volume penjualan pada Vortex Garment setiap tahunnya juga mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diakibatkan biaya distribusi fisik yang ada pada Vortex Garment dapat di kelola dengan baik, selain itu juga disebabkan oleh pesanan yang masuk pada Vortex Garment mengalami peningkatan dan persediaan bahan baku maupun produk jadi pada Vortex Garment dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan regresi linear sederhana di dapat nilai a sebesar -12,651 dan nilai b sebesar 0.101 yang menunjukan bahwa hubungan kedua variabel searah, koefisien determinasi sebesar 76,4 % hal ini mengungkapkan bahwa biaya distribusi fisik mempengaruhi volume penjualan sebesar 76,4 %, sedangkan sisanya sebesar 23,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yaitu adanya perubahan pada selera konsumen, harga jual produk, dan persediaan bahan baku baik itu bahan baku maupun produk jadi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan volume penjualan dipengaruhi oleh biaya distribusi fisik, jika biaya distribusi fisik yang diterapkan atau dilaksanakan oleh perusahaan dengan baik maka hasil penjualan akan meningkat, dengan kata lain setiap peningkatan biaya distribusi fisik selalu dibarengi dengan peningkatan penjualan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item