Re-Design Logo Suhuf Kertaseni Nusantara

Setiawan, Iwan (2006) Re-Design Logo Suhuf Kertaseni Nusantara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di dalam perkembangannya sekarang ini sampah kertas dapat kita jumpai di mana-mana, baik di rumah, di pasar, di jalanan, di perkantoran, di sekolah, di percetakan dan sebagainya. Sampah kertas ini kelihatannya merupakan hal yang sederhana, mudah hancur dan tidak seberbahaya sampah plastik. Walau bagaimana pun, yang namanya sampah pasti menimbulkan masalah yang bisa menggangu kebersihan dan keindahan lingkungan karena berserakan di mana-mana. Sampah kertas masih bisa dimanfaatkan untuk didaur ulang menjadi kertas alternatif yang unik dan bernilai seni. Apalagi kalau pengolahannya dikombinasikan dengan sampah alami di lingkungan sekitar kita yang kaya keragaman potensi alamnya. Kertas hasil daur ulang ini kita kenal dengan kertas seni. Penampilan natural yang kaya akan nuansa alami. Selain itu, sampah kertas yang dikombinasikan dengan limbah alami bisa dimanfaatkan oleh seniman sebagai media ekspresi dalam berkesenian. Kertas seni hasil daur ulang pun dapat di manfaatkan oleh desainer, baik grafis maupun produk, serta oleh pengrajin untuk kreasi craft-nya. Dapat dibayangkan potensinya seandainya kegiatan mendaur ulang sampah semacam ini di mulai disadari dan dilakukan setiap masyarakat di Indonesia. Dengan maraknya produk-produk seni, desain dan kerajinan dari bahan kertas seni buatan Indonesia maka tidak menutup kemungkinan kertas daur ulang dengan berbagai aplikasinya menjadi khasanah budaya Indonesia yang cukup potensial. 1 Suhuf Kertaseni Nusantara yaitu suatu unit usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan kertas seni, kertas daur ulang dan kerajinan tangan dengan bahan utama berupa kertas dan serat alami. Pembuatan logo atau corporate identity adalah suatu cara atau suatu hal yang memungkinkan suatu perusahaan dikenal dan dibedakan dari perusahaan-perusahaan lainnya. Corporate Identity tersebut harus diciptakan melalui suatu rancangan desain khusus yang meliputi segala hal khas/unik berkenaan dengan perusahaan yang bersangakutan secara fisik. Desain itu memiliki wujud sedemikian rupa sehingga dapat mengingatkan khalayak akan perusahaan tertentu. (buku periklanan edisi tiga, Frank Jefkins, Erlangga, Jakarta, 1997). Suhuf Kertaseni Nusantara menggunakan sebuah logo berbentuk sebuah simbol dengan bentuk setengah lingkaran berwarna hijau, ditengah terdapat teks berwarna hujau bertuliskan Suhuf Art Paper. Mengingat telah terjadinya perubahan nama dari Suhuf Art Paper menjadi Suhuf Kertaseni Nusantara, serta belum adanya konsistensi antara logo dan aplikasinya, maka perancangan logo baru menjadi begitu penting. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi serta penggambaran dari citra dan image perusahaan kepada target konsumen dan masyarakat luas.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6916

Actions (login required)

View Item View Item