VISUAL BRANDING ROTI UNYIL VENUS BOGOR

Sari Damanik, Wita (2006) VISUAL BRANDING ROTI UNYIL VENUS BOGOR.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki banyak potensi, lokasinya berjarak 54km dekat dengan Ibukota Negara Indonesia (Jakarta), ini merupakan potensi yang strategis bagi perkembangan, pertumbuhan ekonomi dan jasa, pusat kegiatan nasional untuk industri, perdagangan, transportasi, komunikasi, dan pariwisata. Salah satu yang dapat menarik perhatian dari kota Bogor selain banyak berbagai tempat pariwisata seperti kebun raya Bogor, puncak, Istana Negara, Taman Safari, juga banyak lagi tempat menarik lainnya untuk dikunjungi. Sama halnya dengan pariwisata, Bogor juga dikenal memiliki berbagai macam makanan yang menjadi ciri khas daerah, diantaranya talas, asinan buah ,sayur, dan macam-macam roti. Di kota Bogor terdapat Istana Negara Bogor, yang konon pada zaman Belanda para meneer hanya mau menyantap roti berkualitas, oleh karena itu banyak pengusaha roti yang berasal dari Bogor. Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer atau pokok manusia yang tidak dapat tergantikan karena itu jenis usaha makanan merupakan salah satu usaha yang berkembang saat ini. Seperti perusahaan keluarga yang dirintis oleh Ny. Giok dan Hendra yang memulai usaha dengan membuat roti. Berawal dari keinginan menciptakan bentuk dan rasa roti yang berbeda dari biasanya dua bersaudara ini mencoba membuat roti aneka rasa dengan ukuran kecil tidak lebih dari 5 cm. Nama unyil dibuat sebagai metafora yang menjadi sebuatan untuk roti buatan dua bersaudara ini (Ny. Giok dan Hendra). Setiap perusahaan memiliki strategi, dalam membangun usaha yang didirikan. Demikian pula yang terjadi pada perusahaan roti unyil Venus ini, strategi berbeda dengan yang biasa, yang dapat menarik perhatian masyarakat, rasa penasaran akan sesuatu yang berbeda menjadikan perhatian masyarakan bogor khususnya akan keberadaan roti 1 unyil venus saat itu, dan dengan seiringnya waktu roti unyil ini dikenal sebagai roti unyil pelopor di Bogor yang memiliki variasi aneka 25 rasa yang menjadi buah tangan yang diminati masyarakat Bogor dan luar kota. Memiliki faktor pembeda merupakan salah satu kunci keberhasilan bidang usaha dalam meluncurkan produk, tetapi harus di tunjang dengan konsep komunikasi yang benar. Bagaimana Membangun sebuah brand yang kuat dimata konsumen atau pelanggan dengan nilai positif . membentuk brand yang dapat mewakili citra perusahaan (brand image), disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan. Merek didefinisikan sebagai kombinasi atribut-atribut, dikomunikasikan melalui nama atau simbol, yang dapat mempengaruhi proses pemilihan suatu produk atau layanan dibenak konsumen (sumber, Agus W dan Soehadi, Effective Branding, Quantum) Saat ini keberadaan roti unyil venus di Bogor telah dikenal sebagai salah satu jenis makanan sajian siap santap, tetapi brand yang dimiliki produk ini belum dapat membentuk citra perusahaan, mereka menganggap keberadaan merek tidak terlalu penting untuk kelangsungan penjulan produk. Sehingga kebanyakan konsumen hanya mengetahui jenis roti, tanpa mengenal brand pada roti, sedangkan sebuah brand adalah cerminan dari produk. Dengan media visual Corporate Identity seadanya (billboard, gerobak roti, kemasan kardus, plastik kemasan, bon pembelian) yang terdapat di toko penjualan, tidak dapat mewakili citra dari produk. Ketidak pahaman ini dijadikan peluang oleh kompetitor dengan membuat produk sejenis dan brand yang dapat mengecohkan pelanggan untuk menentukan pilihan yang tepat terhadap produk yang akan dikonsumsi. Roti unyil venus sebagai suatu perusahaan yang telah dikenal keberadaanya sudah seharusnya memiliki identitas visual yang dirancang dengan proses pengolahan data yang logis, rancangan logo, simbol, karakter, dan slogan sehingga tercipta suatu bentuk identitas yang baik. Untuk Brand Identity produk maka dibuatlah perbaikan bahkan pada identitas seperti : merek, kemasan serta media pendukung lainnya khususnya media yang langsung dapat dirasakan oleh pelanggan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item