ANALISIS PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP JUMLAH PENUMPANG KERETA API PADA PT. KERETA API (PERSERO) BANDUNG.

Marlina, (2006) ANALISIS PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP JUMLAH PENUMPANG KERETA API PADA PT. KERETA API (PERSERO) BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam rangka pembangunan negara kita, masa kini dan masa yang akan datang maka faktor pengangkutan memegang peranan yang sangat penting, oleh karena itu persaingan di bidang jasa angkutan semakin meningkat. Untuk menanggulangi masalah tersebut maka perusahaan dituntut untuk mencari strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan promosi. Promosi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan dalam mengkomunikasikan dan menginformasikan produk dan jasanya. Bentuk promosinya adalah melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas dan pemasaran langsung. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan, kondisi jumlah penumpang kereta api, serta dampak dari pelaksanaan bauran promosi terhadap jumlah penumpang. Untuk mengidentifikasi masalah ini penulis menggunakan metode deskriptif analisa yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi lapangan (field reserach) diantaranya observasi dan wawancara, dan studi pustaka (library research). Penelitian yang penulis gunakan dengan dua variabel yaitu variabel independent yaitu tentang promosi dan variabel dependent yaitu tentang jumlah penumpang.Pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan PT. Kereta Api (persero)Bandung adalah periklanan (brosur, surat kabar, radio), promosi penjualan (kalender, souvenir), pemasaran langsung (penjualan tiket di loket stasiun). Biaya promosi yang dilakukan oleh PT. Kereta Api (persero) Bandung adalah tahun 2001 sampai dengan tahun 2005 mengalami peningkatan dan penurunan. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa jumlah penumpang pada PT. Kereta Api (persero) Bandung mengalami peningkatan dan penurunan. Pelaksanaan-pelaksanaan bauran promosi terhadap jumlah penumpang pada PT. Kereta Api (persero) Bandung, tahun 2001 sampai dengan tahun 2005 dapat dilihat dari perubahan peningkatan dan penurunan biaya promosi dan jumlah penumpang, karena tidak selamanya biaya promosi meningkat akan mengakibatkan peningkatan jumlah penumpang.

Item Type: Article
Subjects: D3 Tugas Akhir > Manajemen Pemasaran > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item