PROMOSI WISATA ROHANI DAARUT TAUHIID

Muttaqin, Zaenal (2006) PROMOSI WISATA ROHANI DAARUT TAUHIID.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pariwisata merupakan sebuah industri yang penting untuk perekonomian sebuah negara, hampir 10 % jumlah tenaga kerja ada dalam sektor pariwisata, dan hampir 11% pendapataan dunia juga ada dalam sektor ini. Pada abad 21 ini perkembangan pariwisata Indonesia menunjukan perkembangan yang sangat pesat, peranan pariwisata sangat penting sekali bagi tulang punggung perekonomian, bahkan di saat krisis Moneter tahun 1997. Hanya industri pariwisata yang bisa bertahan, ini terbukti industri pariwisata sebagai salah satu industri yang sedikit mem-PHK karyawan, kecuali saat peristiwa ledakan-ledakan bom yang terjadi membuat lesu industri pariwisata Indonesia. Di daerah Jawa Barat sendiri dikenal memiliki banyak potensi dan objek wisata. Mulai bagian barat sampai ujung timur berbagai objek wisata tersebar dan cukup mudah dijangkau wisatawan. Kondisi alam Jawa Barat juga lebih menarik dibandingkan dengan daerah lainnya, dan itu menunjang berkembangannya objek wisata. Pesantren yang jumlahnya ribuan di Indonesia bisa menjadi alternatif wisata dengan menjadikannya sebagai wisata religi atau wisata rohani. Salah satunya adalah Pesantren Daarut Tauhiid (DT) di jalan Gegerkalong Girang Bandung yang tiap akhir pekan dibanjiri masyarakat dari seluruh Indonesia. Setiap akhir pekan mulai Kamis malam sampai hari Minggu Pesantren Daarut Tauhiid dipenuhi para tamu yang bukan hanya dari Bandung maupun luar Bandung. Tamu-tamu yang datang atau katakan jamaah berasal dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Mereka ingin mencari ketenangan batin karena dari kejenuhan dan aktifitas keseharian, dengan mendengarkan ceramah, dan beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan adanya wisata religi seperti yang telah dijalankan oleh Daarut Tauhiid memiliki dua keuntungan sekaligus yakni wisawatan mendapat pengalaman baru secara fisik dan pengalaman batin. Apalagi nantinya apabila DT sudah memiliki hotel yang dijadikan sebagai hotel pendidikan dilengkapi dengan teknologi mutakhir hingga wisatawan yang ingin tahu soal manajemen qalbu (MQ) tinggal pencet tombol. Wisata religi juga memunculkan pemahaman dan kesadaran baru akan arti pentingnya nilai-nilai agama dalam kehidupan yang bersumber kepada ajaran agama. Dengan wisata religi akan memunculkan budi pekerti atau ahlak yang diilhami oleh keteladanan. Misalnya, sosok Aa Gym yang bisa jadi contoh bagi wisatawan hingga setelah pulang dari wisata mendapat semangat untuk mencontohnya. Wisata semacam ini sebenarnya sudah ada semenjak dulu namun orang tidak pernah mempermasalahkan wisata rohani atau bukan, seperti contoh zairah pada wali-wali itu sebenarnya wisata rohani, tetapi pemerintah atau kalangan pembuat jasa pariwisata tidak mensosialisasikan pada masyarakat umum, sehingga wisata ini kurang dilirik dengan jelas.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6953

Actions (login required)

View Item View Item