Pengaruh Pelaksanaan Iklan Televisi Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Adidas Body Spray (Suatu Survey Pada Konsumen Di Supermarket Yogya Riau Junction Bandung)

Furqon, Isep (2013) Pengaruh Pelaksanaan Iklan Televisi Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Adidas Body Spray (Suatu Survey Pada Konsumen Di Supermarket Yogya Riau Junction Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen di Supermarket Yogya Riau Junction Bandung. Karena konsumen di Supermarket Yogya Riau Junction kurangnya pengetahuan mengenai produk adidas body spray sehingga menyebabkan penurunan jumlah konsumen dari minggu ke minggu selama satu bulan terakhir. Untuk itu dalam memperkenalkan suatu produk dan meningkatkan keputusan pembelian konsumen dibutuhkan iklan televisi dan kemasan yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden mengenai pelaksanaan iklan televisi, kemasan dan keputusan pembelian serta secara simultan mengenai pengaruh iklan televisi dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk Adidas Body Spray di Supermarket Yogya Riau Junction Bandung. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah rata-rata jumlah konsumen yang membeli prodak adidas body spray berjumlah 595 konsumen di setiap minggunya. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Rank Spearman, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan konsumen tentang iklan televisi sudah dinilai baik. Indikator terkuat dari variabel iklan televisi adalah sumber pesan iklan, sedangkan indikator terlemah dari variabel iklan televisi adalah format pesan iklan. Tanggapan konsumen tentang kemasan sudah dinilai baik. Indikator terkuat dari variabel kemasan adalah daya tarik praktis, sedangkan indikator terlemah dari variabel kemasan adalah daya tarik visual. Tanggapan konsumen tentang keputusan pembelian sudah dinilai baik. Indikator terkuat dari variabel keputusan pembelian adalah kognitif (tahu/sadar), sedangkan indikator terlemah dari variabel keputusan pembelian adalah konotasi (maksud konsumen untuk membeli). Secara parsial yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yakni variabel iklan televisi dengan pengaruh yang tinggi serta kuat dengan besar pengaruh sebesar 55,68% dan diikuti variabel kemasan yang hanya memberikan pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian 29,84%. Sedangkan secara simultan dapat diketahui bahwa secara bersama-sama iklan televisi dan kemasan memberikan kontribusi (pengaruh) sebesar 69,5% terhadap keputusan pembelian. Sisanya sebesar 30,5% merupakan pengaruh faktor lain diluar kedua variabel yang sedang diteliti, diantaranya produk, harga dan distribusi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi, Kemasan, Keputusan Pembelian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item