IMPLEMENTASI PROYEKSI SYNTHETIC CAMERA PADA OBJEK TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN OPENGL

Santosa Sudjanna, Dian (2006) IMPLEMENTASI PROYEKSI SYNTHETIC CAMERA PADA OBJEK TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN OPENGL.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Objek tiga dimensi merupakan salah satu komponen multimedia yang memegang peranan sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Objek tiga dimensi memang sudah mampu memberikan suatu tampilan yang seolah nyata. Akan tetapi sudut pandang dari sebuah objek tiga dimensi sangat terbatas, sehingga tidak semua bagian pada objek tiga dimensi tersebut dapat terlihat. Dalam bidang grafika komputer ada beberapa cara untuk memberikan suatu visual dari objek tiga dimensi tersebut agar dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, salah satunya yaitu dengan melakukan proyeksi terhadap objek tiga dimensi tersebut. Proyeksi merupakan proses perpindahan mengenai lokasi suatu objek tiga dimensi yang berada di koordinat berdimensi n ke koordinat yang berdimensi kurang dari n. Proyeksi dilakukan untuk menampilkan secara visual suatu objek tiga dimensi dari berbagai sudut pandang. Salah satu metode proyeksi yaitu proyeksi synthetic camera, proyeksi ini meniru prinsip kerja dari sebuah kamera. Proyeksi synthetic camera membutuhkan sistem koordinat uvn, bidang proyeksi, dan mata. Sistem koordinat uvn digunakan untuk meletakakkan koordinat dari titik (vertex) suatu objek tiga dimensi. Bidang proyeksi digunakan sebagai tempat untuk menampilkan hasil dari proyeksi synthetic camera, dalam hal ini yaitu monitor. Sedangkan mata digunakan sebagai arah pandang dari proyeksi tersebut. OpenGL adalah interface perangkat lunak untuk perangkat keras grafik, yang berisi perintah yang sesuai dengan objek dan operasi yang spesifik serta dibutuhkan untuk membuat aplikasi 3D yang interaktif. OpenGL menyediakan perintah yang dapat membangun objek 2D atau objek 3D, menyatukan semua elemen geometri primitif dengan perintah tertentu yang dapat mengontrol objek tersebut diterjemahkan pada frame buffer. Proyeksi synthetic camera pada OpenGL membutuhkan inputan berupa koordinat mata, center (lookat), dan atas. Semua inputan itu akan di proses oleh OpenGL untuk menampilkan objek tiga dimensi hasil dari proses synthetic camera. Hasil visual dari suatu objek tiga dimensi memang sudah mampu memberikan tampilan yang seolah nyata, hanya saja sudut pandang yang dihasilkan sangat terbatas. Dengan adanya metode proyeksi synthetic camera ini maka suatu objek tiga dimensi akan dapat terlihat dari berbagai sudut pandang. Hasil visual dari synthetic camera ini dapat memberikan sudut pandang yang tidak terbatas dari suatu objek tiga dimensi karena proyeksi synthetic camera menggambarkan objek tiga dimensi hasil proyeksi masih dalam bentuk objek tiga dimensi.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item