PEMBANGKITAN EFEK CAHAYA OMNI PADA GAME 3D MENGGUNAKAN TEKNIK PER PIXEL LIGHTING

Kuswandi, Dikdik (2006) PEMBANGKITAN EFEK CAHAYA OMNI PADA GAME 3D MENGGUNAKAN TEKNIK PER PIXEL LIGHTING.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini perkembangan game 3D semakin pesat dan efek-efek yang dihasilkan pun semakin mendekati realistis. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang menggemari dan berusaha untuk mempelajari bagaimana cara membuat dan mengembangkannya. Seiring dengan perkembangannya, banyak teknologi-teknologi canggih yang ditemukan. Tingkat kesulitan yang dialami tidak lagi serumit awal dikembangkannya pemrograman game, sehingga para programer game semakin dimudahkan dalam mengekspresikan efek-efek game. Pada tugas akhir ini, penulis mencoba mengangkat sebuah judul yang berhubungan dengan pemrograman game, yaitu Pembangkitan Efek Cahaya Omni pada Game 3D menggunakan Teknik Per Pixel Lighting. Efek cahaya omni banyak digunakan dalam game 3D, dimana cahaya omni merupakan suatu cahaya yang memiliki sumber dan bersinar ke segala arah dengan radius tertentu. Efek ini menjadi sangat penting karena akan membuat aplikasi game 3D menjadi lebih realistis. Sayangnya, efek cahaya omni sangat sulit untuk diciptakan, baik menggunakan Direct3D ataupun OpenGL. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkannya relatif cukup lama. Tetapi sejak ditemukannya teknologi Pixel Shader, efek tersebut bisa lebih mudah dilakukan. Solusinya yaitu dengan menggunakan Teknik Per Pixel Lighting

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7347

Actions (login required)

View Item View Item