PENGARUH BAURAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA X CABANG CICALENGKA

Sulastri, Sofia (2006) PENGARUH BAURAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA X CABANG CICALENGKA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penulis melakukan penelitian pada Toserba X Cabang Cicalengka dengan judul “Pengaruh Bauran Eceran (Retailing Mix) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toserba X Cabang Cicalengka. Bauran eceran terdiri dari beberapa faktor, diantaranya pengelolaan barang dagangan/merchandising, desain toko dan visual merchandising, penetapan harga, pengelolaan SDM, komunikasi pemasaran, pelayanan pelanggan dan lokasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran eceran, tanggapan responden terhadap bauran eceran dan loyalitas pelanggan, serta seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh bauran eceran terhadap loyalitas pelanggan di Toserba X Cabang Cicalengka. Populasi yang diambil adalah jumlah pelanggan di Toserba X Cabang Cicalengka sebanyak 680 orang dan metode penarikan sampel yang dipergunakan adalah cara acak sederhana (random sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara studi kepustakaan, wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner dengan metode penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Dari hasil penelitian dapat dilihat tanggapan responden terhadap pelaksanaan bauran eceran di Toserba X Cabang Cicalengka berdasarkan hasil penelitian didapatkan angka 8901, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa pengaruh pelaksanaan bauran eceran di Toserba X Cabang Cicalengka adalah baik dan loyalitas pelanggan mendapatkan angka 1254, hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa loyalitas pelanggan di Toserba X Cabang Cicalengka adalah baik. Dari pengujian statistik diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,447 yang berarti bahwa bauran eceran dan loyalitas pelanggan memiliki keeratan yang cukup kuat dan searah, dimana diperoleh koefisien determinasi = 20%, yang artinya bahwa pengaruh bauran eceran terhadap loyalitas pelanggan sebesar 20% sedangkan sisanya 80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7504

Actions (login required)

View Item View Item