PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOSERBA “G” CABANG PAHLAWAN BANDUNG

Hendriyanti, Diana (2006) PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOSERBA “G” CABANG PAHLAWAN BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Toserba “G” Cabang Pahlawan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha eceran. Banyaknya perusahaan yang terjun pada bisnis eceran, menuntut pihak perusahaan untuk mampu bersaing dan mampu menerapkan strategi yang tepat terutama dalam menetapkan harga untuk setiap produk yang dijual. Harga sudah menjadi bagian paling sensitif dalam persaingan bisnis eceran, khususnya sejak perekonomian Indonesia mengalami krisis. Tuntutan masyarakat akan harga yang lebih murah jadi lebih dominan dibandingkan dengan konsep pelayanan dan kenyamanan. Melihat kondisi yang ada, menuntut Toserba “G” Cabang Pahlawan untuk dapat menetapkan harga yang baik dan sesuai agar mampu mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden terhadap penetapan harga Toserba “G” Cabang Pahlawan Bandung, untuk mengetahui bagaimana tingkat keputusan pembelian konsumen, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toserba “G” Cabang Pahlawan Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan sampel sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen Toserba “G” Cabang Pahlawan Bandung, serta menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk mengetahui pengaruhnya, dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan software SPSS for windows versi 11.5. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa korelasi antara penetapan harga dengan keputusan pembelian konsumen adalah kuat dan memiliki hubungan yang positif. Besarnya pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 36.6% dan sisanya sebesar 63.4% dipengaruhi oleh faktor lain selain penetapan harga yang tidak diteliti oleh penulis seperti lokasi, suasana lingkungan toko, ataupun pelayanan. Dengan demikian semakin baik penetapan harga yang dilakukan Toserba “G” Cabang Pahlawan akan semakin berpengaruh terhadap tingkat keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item