PENGARUH PENJUALAN TERHADAP GROSS PROFIT MARGIN (GPM) PADA PT. HM SAMPOERNA Tbk BANDUNG

Purbasari Martha Syam, Wenny (2006) PENGARUH PENJUALAN TERHADAP GROSS PROFIT MARGIN (GPM) PADA PT. HM SAMPOERNA Tbk BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. HM. Sampoerna merupakan perusahaan yang berorientasi pada laba (Profit Oriented). Era globalisasi ini terdapat fenomena dalam pergaulan remaja atau anak muda yang menginjak dewasa dikatakan “Banci” apabila tidak merokok. Dengan asumsi tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan. Salah satu dasar penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Penjualan terhadap Gross Profit Margin pada PT. HM Sampoerna Tbk Bandung periode 2000 sampai 2003 (per kuartal). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan Penjualan, untuk mengetahui perkembangan Gross Profit Margin dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penjualan terhadap Gross Profit Margin pada PT. HM Sampoerna Tbk Bandung periode 2000 sampai 2003 (per kuartal). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi pearson product moment dan analisis regresi linear sederhana. Untuk menghitung berapa besar persentase pengaruh Penjualan terhadap Gross Profit Margin, penulis menggunakan analisis koefisien determinasi dan untuk uji hipotesis, penulis menggunakan pengujian hipotesis melalui uji dua pihak (uji t) dengan taraf signifikansi (α) adalah 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Penjualan berpengaruh terhadap Gross Profit Margin pada PT. HM Sampoerna Tbk Bandung. Hal ini dapat terlihat dari perhitungan dengan menggunakan metode statistik dan penggunaan program SPSS 11.5 for windows. Didalam perhitungan didapatkan persamaan regresinya Y = 0,363 + 0,0000139258 X, nilai korelasinya (r) = 0,584, koefisien determinasinya (Kd) = 34,11 % yang artinya pengaruh Penjualan terhadap Gross Profit Margin bernilai positif, searah dan sedang dan tingkat pengaruhnya sebesar 34,11%, sedangkan didalam pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan nilai t hitung = 2,689 sedangkan nilai t tabel = 2,1449 dimana t hitung > t tabel yang artinya Ho ditolak H1 diterima yang berarti Penjualan berpengaruh terhadap Gross Profit Margin pada PT. HM Sampoerna Tbk Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7525

Actions (login required)

View Item View Item