ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS PRODUK TEH KOTAK (STUDI PADA KONSUMEN TEH KOTAK DI KAWASAN

Komala, Nur (2006) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS PRODUK TEH KOTAK (STUDI PADA KONSUMEN TEH KOTAK DI KAWASAN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pesatnya persaingan perekonomian pada saat ini mendorong perusahaan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan usahanya secara menyeluruh. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan meningkatkan kualitas produk. Kualitas produk adalah salah satu faktor keistimewaan atau keunggulan produk dapat diukur melalui tingkat kepuasan konsumen. Dalam konsep konsumen kualitas produk sangat penting. Kualitas produk mengacu pada segala sesuatu yang dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Kepuasan konsumen merupakan suatu syarat untuk menuju keberhasilan semua jenis usaha. Banyak upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan untuk memberikan kepuasan yang optimal pada konsumen. Namun demikian kenyataannya masih ada konsumen yang merasa belum puas dengan mengkonsumsi suatu produk salah satunya adalah produk Teh Kotak. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh lain yang mempengaruhi kepuasan seperti, kepuasan terhadap kesesuaian rasa dan aroma atau ketidaksesuaian daya tahan yang merupakan bagian dari indikator kualitas. Untuk mengetahui tanggapan responden atas kepuasan konsumen atas kualitas produk dalam penelitian ini menggunakan metode pengujian data, metode kuantitatif, dan diagram kartesius. Metode diagram kartesius dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kualitas produk dan kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian analisis tanggapan responden mengenai kepuasan konsumen atas kualitas produk Teh Kotak, untuk beberapa kategori responden menyatakan puas, yaitu Teh Kotak memiliki kandungan gizi, saat menkonsumsi rasa dan aroma Teh Kotak dalam keadaan segar dan layak untuk dikonsumsi, dan Teh Kotak memiliki keawetan yang ditujukkan dengan adanya tanggal kadaluarsa. Sedangkan beberapa pernyataan yang responden merasa tidak puas yaitu, rasa yang dimiliki oleh Teh Kotak, aroma yang dimiliki oleh Teh Kotak, Teh Kotak memiliki keragaman pilihan rasa, saat membeli kondisi atau keadaan bentuk kemasan Teh Kotak dalam keadaan baik, rasa minum Teh Kotak sesuai dengan desain kemasan, penanganan keluhan konsumen, setiap rasa menunjukkan warna yang menarik, persepsi akan kualitas Teh Kotak dan citra yang dimiliki oleh Teh Kotak. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis kepuasan konsumen atas kualitas produk Teh kotak tangapan responden ada yang merasa puas dan ada pula konsumen yang merasa belum puas.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7572

Actions (login required)

View Item View Item