PENGARUH BIAYA TETAP (FIXED COST) TERHADAP TINGKAT PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT PINDAD)

Nursyolihati, (2006) PENGARUH BIAYA TETAP (FIXED COST) TERHADAP TINGKAT PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT PINDAD).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh biaya tetap terhadap tingkat penjualan. Selain itu, melalui penelitian ini diketahui besarnya pengaruh biaya tetap terhadap tingkat penjualan. Indikator yang digunakan peneliti adalah biaya gaji, biaya overhead pabrik (BOP), biaya penyusutan, pajak, biaya sewa, dan biaya asuransi. Sedangkan data penjualan berasal dari jumlah penjualan yang diperoleh perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data tahunan perusahaan periode tahun 2000 sampai dengan 2005. Jadi dalam penelitian ini digunakan 6 sampel. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis hubungan antara variabel X dan Y digunakan perhitungan korelasi pearson, sementara untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kedua variabel digunakan koefisien determinasi (KD) dan untuk menguji diterima atau ditolaknya hipotesis digunakan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari perhitungan dengan menggunakan analisis Korelasi Pearson, diperoleh hasil r yang negatif menurut Guilford bahwa hubungan antara biaya tetap dengan tingkat penjualan adalah erat dan memiliki hubungan negatif artinya hubungannya berbanding terbalik bila biaya tetap turun maka tingkat penjualan akan naik. Biaya tetap berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan karena t hitung lebih besar dari t tabelnya, maka dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan koefisien determinasi diketahui bahwa biaya tetap dapat menerangkan tingkat penjualan dan sisanya oleh faktor lainnya seperti kondisi ekonomi, biaya variabel dan biaya produksi. Ini menunjukkan bahwa jika biaya tetap ditekan maka akan meningkatkan penjualan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan dan perusahaan dapat mencegah terjadinya kerugian yang tidak diinginkan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item View Item