PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KERTAS PADALARANG

Yuma Arizona, Andriani (2006) PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KERTAS PADALARANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan usaha di dunia industri sekarang ini semakin pesat. Pihak-pihak yang berkepentingan di dalam perusahaan harus bekerja keras untuk dapat menghadapi persaingan tersebut dan untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Biaya produksi juga merupakan salah satu hal yang menentukan dalam persaingan sekaligus memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Biaya produksi merupakan sumber biaya yang paling besar sehingga penekanan biaya dan efisiensi produksi sangat penting agar dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Kertas Padalarang, yaitu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penentuan biaya produksi, volume penjualan, dan bagaimana pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan PT. Kertas Padalarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya produksi (variabel X) terhadap volume penjualan (variabel Y) digunakan Analisis Regresi Sederhana, Koefisien Korelasi Sederhana, dan Koefisien Determinasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji t dua pihak dengan α = 0,05. Perolehan hasil analisa tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 11.5 for windows. Berdasarkan analisis statistik, pengolahan data dengan menggunakan program SPSS versi 11.5 for windows maka diketahui adanya hubungan yang sangat kuat dan negatif antara variabel independen dan variabel dependen yang artinya semakin tinggi biaya produksi yang dikeluarkan, semakin rendah volume penjualan yang diperoleh perusahaan. Sebaliknya, semakin rendah biaya produksi yang dikeluarkan, semakin tinggi volume penjualan yang diperoleh perusahaan. Kesimpulan dari analisis statistik tersebut adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya produksi terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian analisis statistik terhadap biaya produksi, volume penjualan, dan data-data biaya produksi dan volume penjualan yang terjadi pada PT. Kertas Padalarang selama periode 2000-2004, penulis sarankan untuk mendapatkan laba yang optimal sebaiknya biaya produksi yang akan dikeluarkan perusahaan ditekan seminimal mungkin.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item