PROMOSI OSMOSIS MAGIC, INC. MELALUI EVENT GATHERING SULAP

Halomoan Nahampun, Roland (2006) PROMOSI OSMOSIS MAGIC, INC. MELALUI EVENT GATHERING SULAP.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sulap merupakan suatu permainan atau keahlian seseorang dalam melakukan suatu trik, meliputi banyak jenis trik, seperti trik pada kartu, sapu tangan, tongkat, bola, kertas, dan trik pada media lainnya. Sulap merupakan suatu kegiatan entertainment atau kegiatan yang sifatnya menghibur, karena kegiatan sulap dapat menghibur orang yang menyaksikannya. Sulap sudah di kenal di Indonesia sejak lama, dan masyarakat Indonesia pun sudah sering menyaksikan tayangan sulap di televisi. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pesulap ( magician ) yang sudah berpengalaman dan di kenal oleh masyarakat, itu karena beberapa tahun belakangan ini banyak stasiun televisi yang memiliki program acara tayangan sulap. Perkembangan permainan sulap sangat pesat dan dapat terlihat jelas, melalui pesulap – pesulap yang semakin hari trik yang di mainkannya semakin hebat dan semakin membuat orang tercengang. Hal ini merupakan salah satu syarat bagi seorang pesulap untuk mengembangkan trik sulapnya dan menuntut agar si pesulap menjadi lebih kreatif dan inovatif. Namun perkembangan trik sulap ini menimbulkan beberapa tanggapan yang negatif di kalangan masyarakat, masyarakat menganggap bahwa adanya pengaruh mistis dalam trik – trik sulap saat ini, masyarakat beranggapan seperti itu karena ada beberapa pesulap luar negri yang melakukan trik – trik sulap yang ekstrim, seperti : terbang, membelah diri, dan menghilang, walaupun semua adalah merupakan trik sulap murni. Anggapan masyarakat tersebut tentu saja berpengaruh terhadap citra sulap dan si pesulap itu sendiri, masyarakat menjadi beranggapan bahwa sulap merupakan hal atau kegiatan yang negatif. Pada kenyataannya sulap merupakan hal yang positif karena sulap merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan ketelitian, serius, dan kreativitas seseorang. Tidak semua orang dapat melakukan trik sulap, karena di butuhkan skill individu yang tinggi, tanpa di sadari dengan mempelajari sulap juga ternyata bisa meningkatkan kreatifitas dan menambah wahana logika dan daya fikir seseorang. Osmosis Magic Inc. merupakan sebuah perusahaan perseorangan yang bisa di bilang baru yang bergerak dalam bidang Business and Entertainment atau bisnis dan hiburan yaitu dalam pertunjukan sulap, Osmosis merupakan perusahaan yang baru karena perusahaan ini didirikan pada awal tahun 2004, namun Osmosis bukanlah satu – satunya Magic Store di kota Bandung, melainkan ada beberapa Magic Store Lain di Bandung dan Jakarta yang bentuk usahanya sama dengan Osmosis, dan secara tidak langsung keberadaan Magic Store tersebut telah menjadi kompetitor atau pesaing bagi Osmosis dalam menjual produk sulap nya. Osmosis sendiri mempunyai beberapa Outlet yang menjual produk – produk peragaan sulap dan juga produk lain yang berkaitan dengan sulap di salah satu Mall di kota Bandung. Pada awal di dirikannya Osmosis merupakan sebuah team work atau tim kerja yang terdiri dari beberapa orang yang bertugas untuk membantu Magician Osmosis yaitu Jodyan ketika melakukan pertunjukan sulapnya, team ini mencakup semuanya yaitu tim kreatif, manajemen, kru, marketing, dan magician juga. Osmosis mempunyai outlet yang menjual produk – produk sulap, salah satunya berada di Cihampelas walk, di outlet ini menjual alat – alat peraga sulap seperti kartu, sendok, bola, tali, dll., sebagian besar konsumen yang membeli produk Osmosis adalah laki – laki dewasa, dimana tingkat penjualan produk Osmosis perhari berkisar antara 15 – 20 item di hari biasa, dan 20 – 30 item di hari sabtu atau weekend. Menurut data penjualan barang Osmosis sejak Osmosis pertama kali didirikan, terjadi penurunan tingkat penjualan produk Osmosis perharinya, pada awal berdiri tercatat rata – rata penjualan perhari adalah 30 item di hari biasa dan 40 item di hari sabtu, sedangkan saat ini hanya 20 item perharinya, hal ini terjadi karena kurangnya promosi mengenai perusahaan Osmosis, sehingga masyarakat kurang mengetahui keberadaan Osmosis Magic, Inc.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7622

Actions (login required)

View Item View Item