Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu Terhadap Kepuasaan Masyarakat Desa Mandalamekar kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Hedy I, Yannifer (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu Terhadap Kepuasaan Masyarakat Desa Mandalamekar kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh aparatur desa seperti lamanya proses pembuatan SKTM, sifat yang kurang ramah dalam melayani masyarakat, penyalahgunaan keberadaan SKTM yang tidak tepat sasaran, hingga adanya adanya keluhan masyarakat tentang seringnya aparatur meninggalkan meja kerja mengakibatkan pelayanan pembuatan SKTM menjadi kurang maksimal Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan (X) dengan menggunakan teori Lijan Sinambela yang mengemukakan bahwa kualitas pelayanan tercermin dari transparansi, akuntabilitas, kondisonal, partisipatif, kesamaan hak dan kewajiban. Sedangkan untuk variabel kepuasan masyarakat menggunakan teori Lupioyoadi. Lupiyoadi mengungkapkan dalam menentukan kepuasan yaitu meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (eksplanatory research). Disamping itu, jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi penelitian dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang yang diperoleh melalui simple random sampling. Uji statistik penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dengan koefisien determinasi sebesar 1,29 dan sisanya 98,71% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, SKTM, Kepuasan Masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item