Kualitas Pelayanan Publik Program Wireless Fidelity (WIFI) Bandung Juara Di Ruang Publik Kota Bandung

Nurdin, Mohamad (2016) Kualitas Pelayanan Publik Program Wireless Fidelity (WIFI) Bandung Juara Di Ruang Publik Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Wifi Bandung Juara merupakan wujud dari pelaksanaan bentuk pelayanan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Bentuk pelayanan ini adalah sebagai pemberian proses Pelayanan dalam memberikan jasa kepada masyarakat dan pengunjung di Kota Bandung. Permasalahan yang timbul dalam proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat melalui program wifi bandung juara yaitu masih adanya kekurangan dalam memberikan penanganan dan perbaikan serta kurangnya informasi lambatnya merespon pertanyaan-pertanyaan serta keluhan yang dilakukan masyarakat. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih kurang adanya sumber daya aparatur yang mencukupi dan tekhnologi informasi yang harus ditingkatkan dalam proses pelayanan kepada masyarakat Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Delivering Quality Service dari Leonard R Berry, Parasuraman dan Valerie Zeithaml. Teori yang digunakan ini terdiri dari lima dimensi yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu : Bukti fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan Kepastian (Assurance), dan Empati (Emphaty). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti kepada aparatur adalah purposive, sedangkan kepada masyarakat peneliti menggunakan accidental. Hasil penelitian menyatakan bahwa bukti fisik berupa fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi telah berjalan namun terlihat beberapa masalah didalamnya. Kehandalan berupa pelayanan yang terpercaya dan pelayanan akurat telah berjalan dan sudah di penuhi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Ketanggapan berupa kesediaan membantu serta memberikan pelayanan tepat telah benar adanya. Jaminan kepastian yang berupa pengetahuan,perilaku atau kesopanan dan kemampuan menyampaikan kepercayaan kepada masyarakat juga telah terpenuhi, dan empati yang berupa kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik, serta pemenuhan kebutuhan para masyarakat telah berjalan dengan cukup optimal dalam memberikan pelayanan wifi bandung juara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Ruang Publik, Wireless Fidelity (Wifi) Bandung Juara
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item