PENGARUH KEMASAN PRODUK DODOL NANAS MEKAR SARI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ERVIANI SUBANG

Nuraeni, Yeni (2006) PENGARUH KEMASAN PRODUK DODOL NANAS MEKAR SARI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ERVIANI SUBANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini sektor industri makanan mempunyai peranan yang sangat penting didalam pembangunan perekonomian Indonesia, dan mendapatkan prioritas untuk dikembangkan karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sejalan dengan adanya perkembangan teknologi baru dibidang industri memberikan dampak pada jumlah dan jenis produk yang dihasilkan. Dengan demikian hal ini dapat menimbulkan persaingan yang ketat terutama untuk industri yang dihasilkan produk sejenis karena perusahaan ingin berusaha memenuhi segala kebutuhan konsumen yang bersifat heterogen. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan harus memberikan keunikan atau ciri khas dari produk. Salah satunya yaitu kemasan produk yang mempunyai perana penting dalam penjualan. Dimana kemasan bukan hanya sebagai pembungkus saja tetapi juga bisa dijadikan sebagai salah satu alat promosi efektif yang dapat memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk perusahaan. Dimana kemasan itu sendiri adalah aktifitas merancang dan memproduksi kotak (kemasan) atau pembungkus produk. Untuk itu dalam membuat kemasan harus dibuat sebagus mungkin. Salah satu alasan konsumen tertarik membeli produk dikarenakan kemasan yang menarik. Dalam kegiatan membeli seorang konsumen akan memandang suatu produk dari beberapa sudut. Pemandangan terhadap suatu produk dari seorang konsumen tergantung pada keadaan konsumen. Inilah yang disebut dengan tahapan–tahapan proses membeli, diantaranya pengenalan masalah, pencarian informasi, penilaian alternatif baru melakukan pembelian. Toko Erviani adalah salah satu home industry yang mengelola dodol nanas dengan merek Dodol Nanas Mekar Sari. Untuk memudahkan dalam pembelian maka digunakan kemasan. Kelebihan dari dodol nanas mekar sari diantaranya, bahan baku yang dipetik langsung dari kebun, mengandung serat alami, tidak memakai bahan pengawet, memiliki tiga ukuran kemasan yaitu, seperempat kilo, setengah kilo dan satu kilo yang disesuaikan dengan jumlah barang yang dibeli konsumen. Sumber daya manusia berasal dari lokal atau daerah setempat. Berdasarkan survei awal yang dilakukan penulis kepada tiga puluh (30) konsumen dodol nanas mekar sari, didapatkan informasi bahwa 65% mengatakan warna dan bahan kemasan dari dodol nanas mekar sari kurang menarik. Padahal fungsi dari kemasan besar sekali untuk menarik konsumen. Seperti yang dikemukakan oleh Buhari Alma (2000:116) pembungkus yang indah dan menarik dapat mendorong pihak pengecer untuk menyajikan yang baik pada etalase atau rak toko dan kemudian dapat memancing calon pembeli untuk melihat dan kemudian membelinya. Dimana Keputusan pembelian adalah keputusan yang diambil oleh seorang calon pembeli yang menyangkut kepastian akan membeli atau tidak. Untuk itu salah satu faktor konsumen dalam mengambil keputusan pembelian yaitu dilihat dari kemasan dari produk. Setelah memperhatikan masalah tersebut diatas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada toko Erviani, karena penulis ingin mengetahui hubungan yang sesungguhnya terjadi antara kemasan dodol nanas mekar sari dengan keputusan pembelian konsumen pada toko Erviani, sehingga dapat diketahui kemasan produk yang diminati oleh konsumen. Berdasarkan uraian tersebut penulis bermaksud untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Kemasan Produk Dodol Nanas Mekar Sari Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada To

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7712

Actions (login required)

View Item View Item