HUBUNGAN PELAKSANAAN RETAILING MIX DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UNISEX DISTRO BANDUNG

Anwar, Saeful (2006) HUBUNGAN PELAKSANAAN RETAILING MIX DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UNISEX DISTRO BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ketatnya persaingan mendorong lahirnya strategi-strategi yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh para pengusaha retail. Kenyataannya untuk mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian bukan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat, system menajemen yang baik, dan modal yang besar. Retailing mix merupakan salah satu strategi yang dilakukan UNISEX Distro dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap pelaksanaan Retailing Mix pada UNISEX Distro dan bagaimana keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, serta untuk mengetahui keeratan hubungan antara Pelaksanaan Retailing Mix dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Metode yang digunakan adalah metode korelasional (correlational study) dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan verifikatif. Teknik yang digunakan dalam rangka mengumpulkan data, yaitu dengan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Responden yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 25 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Variabel yang diteliti adalah Retailing Mix (Bauran Eceran) sebagai variabel independen dan Keputusan Pembelian Konsumen sebagai variabel dependen. Untuk mengetahui keeratan hubungan kedua variabel digunakan analisis korelasi Rank Spearmen dengan menggunakan program aplikasi SPSS 11.5 for Windows dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum dilihat dari hasil jawaban responden terhadap item-item pernyataan yang menjelaskan tentang Pelaksanaan Retailing Mix pada UNISEX Distro sudah dilakukan dengan sangat baik. Dengan melakukan analisis korelasi Rank Spearmen diperoleh nilai sebesar 0,445, dan masuk dalam kriteria korelasi sedang. Hal ini menunjukan adanya hubungan positif antara Pelaksanaan Retailing Mix dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Hasil perhitungan statistik uji t menunjukan nilai t hitung sebesar 2,382 dan t tabel dengan tingkat signifikansi 5% adalah 1,714. Terlihat dengan jelas bahwa t hitung jatuh pada daerah penolakan hipotesis nol. Hal ini berarti secara statistik ada hubungan antara Pelaksanaan Retailing Mix dengan Keputusan Pembelian Konsumen pada UNISEX Distro Bandung. Kata Kunci : Pelaksanaan Retailing Mix, Keputusan Pembelian Konsumen.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item