ANALISIS PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN PT. SINAR SOSRO PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO BERDASARKAN ANALISIS SWOT DAN MATRIK PERENCANAAN STRATEGI KUANTITATIF (MPSK)

Permana, Hilman (2006) ANALISIS PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN PT. SINAR SOSRO PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO BERDASARKAN ANALISIS SWOT DAN MATRIK PERENCANAAN STRATEGI KUANTITATIF (MPSK).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setiap perusahaan yang bersaing dalam suatu industri, mempunyai strategi. Strategi ini mungkin dikembangkan melalui proses penyusunan atau mungkin juga telah berkembang melalui kegiatan-kegiatan dari berbagai departemen fungsional perusahaan. Jika dibiarkan pada cara mereka masing-masing, tiap-tiap departemen fungsional akan menggunakan pendekatan yang di tentukan oleh orientasi propesionalnya dan inisiatif dari mereka yang bertugas. PT. Sinar Sosro selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang Industri minuman kemasan menginginkan agar perusahaan yang sedang berjalan in dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya, yang kiranya dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Dalam tugas akhir ini dilakukan penelitian untuk merumuskan suatu usulan strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menghadapi kondisi persaingan pada saat sekarang ini. Langkah pertama adalah melakukan pengumpulan data yang terdiri dari data lingkungan internal, sejarah perusahaan, serta visi, misi dan tujuan perusahaan. Selanjutnya, membuat peramalan permintaan produk dan produk life cycle (PLC) yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan produk dan permintaan yang akan datang berdasarkan data hasil penjualan dan permintaan pertahun. Kemudian, dilakukan analisis SWOT yang berfungsi untuk mengetahui faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Setelah itu dilakukan perumusan strategi untuk menutupi kelemahan yang dimiliki dan ancaman pesaing dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut peluang yang ada dengan menggunakan Evaluasi Faktor Eksternal (Matriks EFE) dan matriks Evaluasi Faktor Inetrnal (Matriks EFI), Matrik Eksternal Internal (EI) serta matrik SWOT. Langkah berikutnya adalah melakukan pemilihan strategi terbaik dari berbagai alternatif strategi yang telah dirumuskan melalui Matrik Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK). Pada penelitian tugas akhir ini alternatif strategi yang terpilih adalah ”Memperluas pangsa pasar dengan pengkonsentrasian daerah distribusi, dan malakukan manajemen pendistribusian yang tepat serta memperluas kerja sama dan hubungan baik dengan konsumen untuk mengungguli para pesaing”, yang dapat diusulkan pada PT. Sinar Sosro Sukabumi dalam menghadapi kondisi persaingan saat ini.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item