PENERAPAN KONSEP LEARNING ORGANIZATION OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN APARATUR DI KECAMATAN CIMAHI TENGAH KOTA CIMAHI TAHUN 2005

Solehuddin, Deny (2006) PENERAPAN KONSEP LEARNING ORGANIZATION OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN APARATUR DI KECAMATAN CIMAHI TENGAH KOTA CIMAHI TAHUN 2005.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemerintahan daerah yang bersih, akuntabel, dan berwibawa merupakan tuntutan masyarakat seiring dengan reformasi di sektor penyelenggaraan pemerintahan. Lahirnya UU No.22 Tahun 1999, yang disusul dengan UU No.32 Tahun 2004, menunjukkan keseriusan pemerintah pusat dan DPR untuk mengubah paradigma penyelenggaraan pemerintahan yang sebelumnya banyak mendapat kritikan dari berbagai pihak. Penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) pada pengimplementasiannya tidak akan dapat berjalan sempurna tanpa pendekatan-pendekatan yang mendukung tujuan. Konsep learning organization merupakan salah satu pendekatan dalam rangka mencapai penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Konsep learning organization berintikan lima sub-konsep bagi penyempurnaan organisasi di lingkungan pemerintah daerah, yaitu berpikir sistematis (system thinking), model mental (mental models), keahlian pribadi (personal mastery), pembelajaran tim (team learning), dan membangun visi bersama (shared vision). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan ke lima sub-konsep learning organization oleh camat dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan aparatur di Kecamatan Cimahi Tengah kota Cimahi tahun 2005. Metode dalam penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik pengolahan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kantor Kecamatan Cimahi Tengah sebagai objek dalam penelitian ini merupakan perangkat pemerintah kota Cimahi, yang secara resmi mendapatkan statusnya sebagai pemerintah kota pada tahun 2001. Kantor Kecamatan Cimahi Tengah mengemban tugas pokok dan fungsi yang diantaranya ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Camat Cimahi Tengah dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan aparaturnya, berupaya mengimplementasikan konsep learning organization melalui beberapa langkah. Langkah-langkah yang ditempuh diantaranya dengan melakukan pendekatan tingkat individu, pendekatan organisasi, hingga pendekatan yang sifatnya sistematik dalam meningkatkan kinerja aparaturnya. Selain langkah-langkah tersebut, upaya peningkatan kinerja melalui learning organization, juga dipadukan dalam perencanaan strategis tingkat Kecamatan, dan pada gilirannya tercermin dalam rencana program kerja Kecamatan Cimahi Tengah. Kesimpulan dari penelitian ini, Camat kantor Kecamatan Cimahi Tengah berperan dalam peningkatan kinerja pelayanan aparatur di Kecamatan Cimahi Tengah. Sekalipun masih ditemukan beberapa kekurangan dalam pencapaian kinerja pelayanan yang prima, namun upaya ini memberikan kontribusi penting bagi perubahan yang bertahap dari proses pemberian pelayanan yang baik.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7771

Actions (login required)

View Item View Item