PROMOSI EVENT OPEN TOURNAMENT GOLF BGG 2007 di HOTEL BANDUNG GIRI GAHANA GOLF dan RESORT

Nugroho, Faugi (2006) PROMOSI EVENT OPEN TOURNAMENT GOLF BGG 2007 di HOTEL BANDUNG GIRI GAHANA GOLF dan RESORT. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dunia pariwisata di Indonesia mengalami penurunan minat dan kepercayaan dari para wisatawan mulai tahun 1998 yang lalu, hal ini disebabkan karena tidak stabilnya situasi keamanan di Indonesia saat itu. Kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap segala bidang, terutama perekonomian negara ini. Bisnis kepariwisataan salah satunya, mengingat bisnis ini banyak memberi pemasukan penting untuk devisa negara. Kemudian pada tahun 2004 kondisi di Indonesia semakin memburuk, karena banyaknya isu bom di Indonesia yang dilakukan oleh teroris-teroris yang ingin menghancurkan keamanan di Indonesia. Maka setelah situasi keamanan mulai membaik, pemerintah pun dengan gencar melakukan promosi tentang kepariwisataan untuk mengembalikan kepercayaan dan minat masyarakat terhadap pariwisata di Indonesia khususnya dari wisatawan asing. Perkembangan pariwisata di Indonesia pada akhirnya mulai membaik dengan ditetapkannya tahun kunjungan wisata beberapa tahun terakhir ini, hal ini mulai menarik para wisatawan mancanegara maupun domestik untuk datang dan berkunjung ke tempat-tempat pariwisata di Indonesia. Dalam upaya membantu pemerintah untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia, perhotelan pun mulai mengambil peranan, karena perhotelan sangat erat kaitannya dengan kepariwisataan. Berkembangnya pariwisata di Indonesia menimbulkan dampak positif dibidang usaha perhotelan, dengan berdatangannya wisatawan mancanegara maupun domestik, yang membutuhkan tempat peristirahatan yang sudah tentu ditunjang dengan kenyamanan, pelayanan baik, dan fasilitas yang memadai. Menariknya dunia pariwisata juga tak lepas dari beberapa faktor penunjangnya, diantaranya satu hal yang penting adalah daerah tujuan wisata (DTW). Di Indonesia terdapat banyak daerah yang alamnya berpotensi sebagai daerah tujuan wisata, salah satunya kota Bandung. Bandung juga merupakan salah satu tempat yang banyak dipilih oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk menghabiskan liburan mereka. Bahkan banyaknya industri yang ada di wilayah Bandung juga membawa keuntungan tersendiri bagi para pengusaha hotel di sekitar wilayah industri tersebut. Karena para pengusaha yang melakukan transaksi bisnis mereka di Bandung atau wilayah perbatasan Bogor-Bandung terkadang harus menetap selama beberapa hari. Oleh karenanya, keberadaan hotel sebagai alternatif tempat menginap dapat dijadikan sebagai satu pilihan utama. Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort adalah salah satu hotel di Bandung yang letaknya merupakan gerbang keluar menuju kota Sumedang dari arah Bandung. Tepatnya terletak di Jl. Raya Jatinangor KM.20. Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort merupakan tempat peristirahatan yang memberikan kenyamanan dengan pesona pemandangan alam, serta udara segar pegunungan di sekitar Bandung dan Sumedang. Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort mempunyai fasilitas kegiatan luar ruangan paling banyak di kota Bandung selain juga fasilitas lain yang dimilikinya seperti Room Service dan fasilitas kegiatan dalam ruangan (indoor activities) lainnya. Selain itu juga fasilitas luar ruangan (outdoor activities) yang ditawarkan oleh hotel ini juga cukup banyak, diantaranya Camping, Jungle Tracking, Golf Beberapa diantara kegiatan diatas, saat ini tidak dimiliki oleh hotel lain di Bandung, sehingga selain menawarkan fungsinya sebagai hotel (penginapan), Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort juga dapat memberikan kontribusi bagi pelestarian alam dan outdoor activities-nya dapat juga dimanfaatkan sebagai objek tujuan wisata. Tetapi Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort bukan hanya satu-satunya sarana peristirahatan yang ada di kota ini, karena Bandung sebagai salah satu daerah tujuan wisata (DTW), maka bisnis perhotelan di kota ini pun begitu banyak dan kemudian persaingan dalam bisnis perhotelan pun semakin ketat. Di Bandung terdapat hotel-hotel dan tempat peristirahatan lainnya dari wisma hingga yang berbintang lima. Mengingat peranan pemasaran menjadi semakin penting khususnya bidang perhotelan, maka salah satu strategi pemasaran yang dilakukan Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort adalah dengan menyediakan suatu media promosi. Tetapi dalam melakukan pemasaran pun, hotel tersebut menghadapi tantangan dari banyak pesaing. Untuk itu perusahaan dihadapkan pada masalah yang kompleks khususnya dalam hal mempertahankan jumlah pelanggan maupun untuk menarik pelanggan baru. Dan juga ada beberapa kendala lain yang harus dihadapi hotel yang berpengaruh buruk terhadap pemasaran / promosi yang akan dilakukan. Seperti petunjuk arah (sign system) didalam hotel yang kurang jelas, membuat konsumen sering merasa kebingungan, Kurangnya informasi terhadap masyarakat, mengenai keunggulan yang dimiliki Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort (event-event “green hotels “, outdoor activities yang dapat dijadikan sebagai objek wisata, dan lain-lain). Rusaknya green di lapangan golf yang berdampak pada berkurangnya pengunjung pada tahun 2005, masih adanya caddie yang sudah berumur sehingga banyak pegolf yang mengeluh karena sudah tidak layak untuk dijadikan caddie. Berbagai usaha perlu dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam kondisi persaingan yang ketat. Perusahaan dituntut untuk menetapkan suatu kebijakan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana promosi yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi, khususnya masyarakat dalam cakupan pasar potensial. Saat ini promosi yang dilakukan Hotel Bandung Giri Gahana Golf dan Resort masih kurang efektif, karena media promosi yang disediakan tidak disebar luas secara umum kepada masyarakat, terutama masyarakat domestik dan manca negara yang potensial menjadi wisatawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7791

Actions (login required)

View Item View Item