Rancangan Company Profile Radio Citra Suhada Dalam Rangka Promosi Ke Berbagai Perusahaan Di Semarang.

Perdana Kusuma, Dimas (2006) Rancangan Company Profile Radio Citra Suhada Dalam Rangka Promosi Ke Berbagai Perusahaan Di Semarang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagaimana kita rasakan sejalan dengan kemajuan teknologi komunikasi yang semakin pesat, peranan media masa baik cetak maupun elektronik sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Media Radio berperan besar dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat. Hal ini disebabkan karena radio bersifat audio sehingga pesan yang disampaikan semakin lebih efektif dan mengenai sasaran, dan menjadi media pencerahan, hiburan dan informasi bagi masyarakat. Contohnya pada saat kita sedang beraktifitas atau bekerja sambil mendengarkan Radio kita merasa terhibur sehingga memberi dampak dalam bekerja lebih semangat, selain mendengarkan lagu yang diputar kita mendapat informasi dari penyiar dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya. Seiring dengan perkembangan zaman, jumlah stasiun Radio semakin bertambah. Pengelolaan dan pelaksanaan siarannyapun berubah. Berbagai gaya dan variasi menjadi spesifikasi Radio maupun sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Radio berusaha melayani kelompok-kelompok khusus misalnya penggemar berita, pecinta musik Jaz, penggemar musik Pop, Dangdut, dan sebagainya. Oleh karena itu, persaingan, baik antar stasiun Radio maupun media lainnya tak dapat terelakkan. Stasiun Radio merupakan jawaban dari ketatnya persaingan tersebut. Stasiun Radio sebagai wujud kesiapan bersaing dengan menggali potensi – potensi daerah yang sebenarnya sangat potensial. Banyaknya stasiun radio yang sangat bervariatif mampu memberikan asumsi-asumsi yang menarik dari para masyarakat. Masyarakat lebih menikmati radio yang mampu menghibur serta memberikan informasi untuk mendapatkan wawasan yang luas. Di bawah ini data anggota radio di Pekalongan dibawah naungan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia atau biasa disebut PRSSNI menyebutkan radio yang mempunyai frekuensi FM diantaranya adalah : 1. Radio RCS FM di Jl. Puri Hijau Kertijayan 234 Pekalongan. 2. Radio BSP FM di Jl. Singosari 21 Pekalongan. 3. Radio Amarta FM di Jl. Raya Kauman 79 Wiradesa Pekalongan. 4. Radio Walisongo FM di Jl. Yudha Bakti 77 Pekalongan. 5. Radio ST. Bernadus di Jl. Barito 4 Pekalongan. 6. Radio Damashinta FM di Jl. Tondano AD 3 Pekalongan. 7. Radio Pop FM di Jl. Tondano AD 5 Pekalongan. 8. Radio ARO FM di Jl. Raya Tegal Sari 7 Tulis Batang Pekalongan. 9. Radio Suara Batang FM di Jl. A. YAni 186 Batang Pekalongan. 10. Radio Alfina di Jl. Brig Jend Katamso 1 Pemalang. 11. Radio Hijaz FM di Jl. Brig Jend Katamso 163 Pemalang. Dalam Penulisan Tugas Akhir ini Penulis memilih Radio RCS FM karena Radio RCS FM mempunyai visi membantu masyarakat Pekalongan dan sekitarnya untuk mengenal identitas kultur dan budayanya sendiri serta secara optimal mengejar tertinggalnya dengan daerah-daerah tingkat II yang lain di Jawa Tengah. Maksud dari tertinggalnya dengan daerah lain yaitu meningkatkan sumber daya manusia melalui program - program acara keagamaan lebih mendominasi dari pada program acara - acara lain dikarenakan kompetitor – kompetitor radio lain acara - acara keagamaan tidak mendominasi acara di radio lain. Oleh sebab itu Radio RCS FM mencari celah acara – acara yang belum ada. Serta mempunyai misi memberikan program-program yang selalu menghibur dan mendidik masyarakat Pekalongan dan sekitarnya. Melalui program-program siarannya, Radio RCS bertujuan turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan kehidupan dan pola pikir masyarakat Pekalongan dan sekitarnya agar tingkat perekonomian lebih maju sehingga perusahaan pun dapat terus maju seiring meningkatnya daya beli masyarakat, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pemiliknya. RCS FM satu-satunya radio di Pekalongan yang menyajikan lagu-lagu yang yang banyak di dominasi jenis musik diantaranya musik Dangdut 70 %, Campur Sari 10 %, Qasidah 10 %, India 10 %. Melalui company profile radio RCS FM ini yaitu suatu upaya untuk memperkenalkan Radio RCS FM sebagai sarana alat untuk mengkomunikasikan kepada calon pengiklan atau calon klien sehingga lebih mengenal dan tertarik dengan Radio RCS FM.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item View Item