PENGARUH BIAYA KUALITAS (COST OF QUALITY) TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA DIVISI TEMPA DAN COR

Rokayah, Siti (2006) PENGARUH BIAYA KUALITAS (COST OF QUALITY) TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA DIVISI TEMPA DAN COR.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan usaha di sektor industri manufaktur semakin ketat, ini ditandai dengan semakin majunya teknologi di Indonesia. Dalam meningkatkan daya saing tersebut maka salah satu faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah kualitas. Dalam melaksanakan perbaikan kualitas dengan melakukan pengendalian kualitas yang terlaksana dengan baik akan mengurangi jumlah biaya kualitas terutama biaya kegagalan internal dan eksternal. Berkurangnya biaya kegagalan ini berarti berdampak pada rendahnya biaya produksi karena pemborosan akibat pengerjaan ulang berkurang, maka perusahaan akan membentuk harga pokok produksi dan harga jual yang kompetitif serta produk dengan kualitas yang baik sehingga akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya volume penjualan semakin meningkat. Maka judul yang diambil dalam penulisan skripsi ini adalah ”Pengaruh Biaya Kualitas (Cost of Quality) terhadap Volume Penjualan Produk”. Penelitian ini dilakukan di Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero) yang bergerak di bidang industri senjata militer dan produk nonmiliter (produk komersial). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya kualitas (cost of quality) pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero), volume penjualan produk pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero), dan pengaruh biaya kualitas (cost of quality) terhadap volume penjualan produk pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analisis pendekatan kuantitatif, metodenya penarikan sampel, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara Biaya Kualitas (Variabel X) dengan volume penjualan (Y) penulis melakukan uji statistik dengan menggunakan metode analisis koefisien korelasi Pearson. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara biaya kualitas dengan volume penjualan, dimana kategori koefisien korelasi ini termasuk dalam ketegori hubungan yang sangat kuat dan negatif. Sedangkan dalam uji hipotesis menggunakan uji t dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan hal ini berarti bahwa penelitian menerima hipotesis H1 dan menolak hipotesis H , maka hipotesis dari peneliti ini diterima karena terdapat hubungan yang signifikan terhadap biaya kualitas dengan volume penjualan pada Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biaya kualitas menurun, maka volume penjualan akan meningkat. Adapun yang menjadi saran bagi pihak perusahaan adalah diharapkan membuat laporan biaya kualitas secara berkala karena informasi dari laporan biaya kualitas ini akan memberi manfaat dalam melakukan perbaikan kualitas dan mengindentifikasi pemborosan yang terjadi karena adanya produk cacat.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7833

Actions (login required)

View Item View Item