ANALISIS PROSEDUR PENATAAN ARSIP DALAM MEMUDAHKAN PENCARIAN ARSIP PADA BAGIAN UMUM TATA USAHA KEPEGAWAIAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN BANDUNG SATU

Sri Mustika Sari, Rina (2006) ANALISIS PROSEDUR PENATAAN ARSIP DALAM MEMUDAHKAN PENCARIAN ARSIP PADA BAGIAN UMUM TATA USAHA KEPEGAWAIAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN BANDUNG SATU.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Arsip merupakan dokumen tertulis yang disusun dan digunakan dalam melayani aktivitas pekerjaan organisasi di dalam melaksanakan tugas-tugas kantor untuk mencapai tujuan organisasi. Penataan arsip adalah kegiatan dalam mengatur dan menyusun arsip secara sistematis supaya arsip dapat ditemukan kembali dengan cepat dan tepat sewaktu-waktu dibutuhkan. Tujuan dan latar belakang diadakan penelitian tentang penataan arsip ini untuk mengetahui penataan arsip dengan sistem subyek masalah, dan prosedur penataan arsip dalam memudahkan pencarian arsip pada bagian Umum Tata Usaha Kepegawaian di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Bandung Satu. Macam-macam surat yang diarsipkan pada Bagian Umum Tata Usaha Kepegawaian di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Bandung Satu ditinjau secara umum tidak ada perbedaan, surat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu Surat Penting, Surat Rutin Biasa, dan Surat Rahasia. Namun tidak ada Surat Pribadi, karena surat pribadi diterima oleh Bagian Sekretariat, prosesnya langsung disampaikan kepada yang bersangkutan. Sistem penataan arsip yang dilaksanakan tidak terlalu sulit, karena menggunakan sistem subyek masalah melalui pencatatan pada buku agenda masuk dan keluar yang berfungsi untuk memudahkan pencarian arsip. Kegiatan kearsipan ditunjang dengan beberapa peralatan dan perlengkapan. Arsip yang bersifat inaktif disimpan di gudang, tetapi tidak sampai ke tahap dimusnahkan. Hal ini dikarenakan arsip tersebut masih tetap dibutuhkan, dan sebagai bukti untuk disimpan di Arsip Negara. Sedangkan prosedur penataan arsip dilaksanakan melalui 5 (lima) langkah, diantaranya adalah meneliti, memisahkan, mengagendakan, kemudian menyimpan sekaligus menata arsip. Meskipun prosedur penataan arsip menggunakan beberapa langkah, hal tersebut bertujuan agar memudahkan dalam pelaksanaan penyimpanan arsip, sehingga lebih mudah, cepat, dan tepat guna. Metode yang digunakan dalam Laporan Tugas akhir ini menggunakan Metode Deskriptif, yaitu suatu metode yang menerangkan dan menggambarkan secara jelas kedaaan sebenarnya, kemudian diolah untuk memperoleh keterangan, data, dan kesimpulan dari hasil analisis yang penulis lakukan pada bagian Umum Tata Usaha Kepegawaian di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Bandung Satu. .

Item Type: Article
Subjects: D3 Tugas Akhir > Sekretaris Eksekutif > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7872

Actions (login required)

View Item View Item