USULAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN TANGGAPAN KONSUMEN DI SCISSORS DISTRO STUDI KASUS SCISSORS DISTRO DI SUKABUMI.

Saefullah, Duden (2006) USULAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN TANGGAPAN KONSUMEN DI SCISSORS DISTRO STUDI KASUS SCISSORS DISTRO DI SUKABUMI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Scissors distro bergerak dalam bidang usaha perdagangan, produk yang dijual adalah produk fashion seperti t’shirt, jeans, jacket, tas, topi, sepatu, sandal dan aksesoris lainnya. Dimana produk yang dijual adalah hasil poduksi sendiri. Scissors distro adalah salah satu dari sekian banyak distro yang ada di Sukabumi. Dengan banyaknya distro sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang sangat ketat, dengan demikian Scissors distro harus jeli melihat situasi persaingan bisnis tersebut, sehingga perlu pengembangan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan antar distro. Metoda pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda analisis faktor. Selanjutnya penulis mengusulkan alternatif usulan strategi pemasaran baru berdasarkan strategi pemasaran mix strategy pada Scissors distro. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan software SPSS for windows release 13.0. Dari pengolahan data yang dilakukan dihasilkan bahwa untuk faktor produk terdiri dari 4 varibel manifes, untuk faktor harga 2 variabel manifes, untuk faktor tempat terdiri dari 2 variabel manifes dan untuk faktor promosi terdiri dari 3 variabel manifes. Variabel-variabel yang menjadi komponen utama merupakan variabel yang dinilai sangat berpengaruh terhadap penilaian faktor produk, harga, tempat, dan promosi. Dari hasil analisis faktor yang dilakukan maka diperoleh faktor yang paling berpengaruh atau paling dominan dalam pengembangan strategi pemasaran distro, dari hasil pengolahan data dipeorleh bobot faktor paling tinggi adalah faktor promosi sebesar 0.891 kemudian faktor tempat sebesar 0.798, kemudian faktor produk sebesar 0.733 dan faktor harga adalah faktor yang tidak lolos analisis Karena nilai MSA KMO nya lebih kecil dari 0.5 yaitu sebesar 0.412 sehingga faktor harga tidak termasuk kedalam analisis lebih lanjut. Dengan demikian faktor yang paling berpengaruh terhadap pengembangan strategi pemasaran distro adalah faktor promosi. Strategi promosi dalam pemasaran distro ini menggunakan Promotion Mix yaitu terdiri dari iklan melalui media cetak dan elektronik, Sales Promotion seperti discount, coupon, bazaar dan bonus pack. Public Relation yaitu berita atau press release, dan Personal Selling yaitu upaya penjualan langsung oleh pramuniaga langsung kepada konsumen. Keyword: Strategi Pemasaran, Promosi

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7900

Actions (login required)

View Item View Item