USULAN STRATEGI PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DI CV. BATIK TULEN GARUT (Studi Kasus Pada CV. Batik Tulen, Garut)

Yudistira, Rifky (2006) USULAN STRATEGI PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DI CV. BATIK TULEN GARUT (Studi Kasus Pada CV. Batik Tulen, Garut).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kain batik adalah pakaian adat yang selalu dipakai oleh masyarakat pada jaman dahulu dan bahkan menjadi simbol atau ciri khas bagi suatu daerah yang memproduksi kain batik tersebut. Salah satu jenis kain batik yang ada di Indonesia adalah kain batik khas Garut, yang saat ini telah dikenal masyarakat luas. Perusahaan yang bergerak dalam sektor industri batik Garut ialah CV. Batik Tulen. Untuk saat ini, CV. Batik Tulen menghadapi banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada desain/corak kain dan jenis kain yang digunakan untuk membatik. Hal ini dilakukan karena menghadapi persaingan dari perusahaan sejenis dan tuntutan dari pihak konsumen yang mengikuti trend saat ini. Namun perubahan desain ataupun jenis kain yang digunakan tidak meninggalkan kekhasan dari batik Garut itu sendiri. Semakin bertambahnya jumlah industri batik Garut saat ini, mengakibatkan CV. Batik Tulen harus melakukan strategi yang tepat agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Saat ini strategi yang digunakan oleh CV. Batik Tulen hanya sebatas bagaimana memasarkan kain batik Garut tersebut saja, agar dapat meraih keuntungan dari hasil penjualan. Jika masih menerapkan strategi ini belum tentu CV. Batik Tulen dapat bertahan dan dapat bersaing dengan para pesaingnya, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi suatu perusahaan untuk mampu bersaing dan mampu bertahan. Salah satu faktor yang harus dilihat dalam melakukan strategi adalah melihat dari dalam perusahaan itu sendiri dan melihat dari luar perusahaan (para pesaing). Salah satu metode dalam perencanaan strategi ialah analisis SWOT, dimana analisis ini berfokus kepada analisis terhadap kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity), dan ancaman (Threat). Dengan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang dilakukan pada perusahaan CV. Batik Tulen yang diharapkan dapat dijadikan dasar untuk melakukan perumusan strategi perusahaan, terutama strategi jangka panjang dalam menghadapi perubahan keinginan konsumen dan persaingan dari para pesaingnya.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7949

Actions (login required)

View Item View Item