ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT MENGGUNAKAN 8 DIMENSI GARVIN (DI PT. DAYA ANUGRAH MANDIRI)

Saepudin, Nur (2006) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT MENGGUNAKAN 8 DIMENSI GARVIN (DI PT. DAYA ANUGRAH MANDIRI).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dewasa ini persaingan di dunia industri semakin ketat tak terkecuali industri otomotif khususnya sepeda motor Honda supra fit. Dengan ini perusahaan harus memperhatikan kualitas layanan jasa yang diberikan pada pelanggan dan design sepeda motor yang lebih inovatif dan menarik tentunya dengan kualitas yang baik untuk memenangkan persaingan yang dirasakan semakin kompetitif. Pelanggan yang merasakan puas akan pelayanan yang diberikan perusahaan akan menjadi loyal dan dapat memberikan informasi yang positif kepada orang lain yang mengakibatkan keuntungan bagi perusahaan dalam mencapai laba yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen akan pelayanan di PT. Daya Anugrah Mandiri berdasarkan 8 dimensi kualitas (Performance, Feature, Reliability, Confermance to specification ,Durability, Serviceability, Esthetic, Perceived Quality) mengevaluasi kualitas produk dan jasa perusahaan dengan penilaian dan masukan dari konsumen, kemudian memberikan masukan kepada pihak perusahaan mengenai produk layanan jasa yang harus diperbaiki dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kepada pelanggan. Langkah awal penelitian ini mulai dari mengetahui atribut karakteristik teknis ditentukan oleh pihak manajemen perusahaan. Kemudian menyebarkan kuesioner untuk mengetahui harapan dan penilaian konsumen. Setelah itu dilakukan pengolahan data dengan menggunakan perhitungan statistik dengan analisis faktor untuk mencari dimensi yang dominan dan fokus kepuasan pelanggan. Sumber data premier yang diperoleh dari hasil kuesioner dari 75 responden dan data sekunder dari pihak manajemen PT. Daya Anugrah Mandiri Bandung. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dimensi yang paling dominan pada faktor utama diantara dimensi yang lain yaitu dimensi 8 adalah Perceived Quality (Citra Reputasi Produk), maksudnya nilai dari seluruh dimensi terwakili oleh dimensi 8 yaitu 81.30%, sedangkan untuk nilai jumlah total rata-rata segmentasi kepuasan 78.70% ada pada dimensi 4 yaitu Confermance (kesesuaian spesifikasi) yang berarti nilai tersebut diatas menunjukan bahwa produk dan pelayanan yang diberikan oleh pihak PT. Daya Anugrah Mandiri Bandung menyatakan mengagumkan artinya konsumen bahagia karena dapat memenuhi semua keinginan dan harapan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item