PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DI PT. AGRONESIA

Tri Wahono, Heri (2006) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DI PT. AGRONESIA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini, perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun manufaktur, sedang menghadapi permasalahan serius dalam meningkatkan keuntungan, yang merupakan faktor terpenting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Untuk meningkatkan keuntungan salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan meningkatkan volume penjualan melalui penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. PT. Agronesia Divisi Industri Teknik Karet merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri barang teknik karet sedang mengalami penurunan penjualan produk, hal ini terlihat dari nilai penjualan tahun 2003 sampai tahun 2005. Untuk tahun 2003 nilai penjualan sebesar Rp. 9.700.396.608,00 tahun 2004 sebesar Rp.9.564.596,00 tahun 2005 sebesar Rp. 8.988.645.720,00. Untuk menghadapi masalah tersebut maka membutuhkan reevaluasi perencanaan strategi pemasaran. Dalam penelitian ini dirumuskan suatu usulan strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menghadapi kondisi persaingan pada saat sekarang ini. Langkah pertama adalah melakukan pengumpulan data yang terdiri dari data lngkungan internal dan eksternal, sejarah perusahaan, serta visi, misi, dan tujuan perusahaan. Kemudian dilakukan analisis SWOT yang berfungsi untuk mengetahui faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Setelah dilakukan perumusan strategi untuk menutupi kelemahan yang dimiliki dari ancaman pesaing dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut peluang yang ada dengan menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Matrix Profil Kompetitif, Matrix Internal-External (IE) Matrix, Matrix SWOT. Langkah berikutnya adalah melakukan pemilihan strategi terbaik dari berbagai alternatif strategi yang telah dirumuskan melalui Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada penelitian akhir ini alternatif strategi yang terpilih adalah "Memperluas pangsa pasar, menambah mesin baru, dan mengikuti pameran industri" yang dapat diusulkan pada PT. Agronesia dalam menghadapi kondisi persaingan pada saat ini.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 19 Nov 2016 02:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7958

Actions (login required)

View Item View Item