PENGARUH BIAYA PERIKLANAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PRODUK DI FLOAT CLOTHING COMPANY

Dwiyanto Rasyid, Ris (2006) PENGARUH BIAYA PERIKLANAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PRODUK DI FLOAT CLOTHING COMPANY.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat diperlukan penangan pemasaran yang cukup serius untuk mengatasi persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis dan berusaha untuk menguasai konsumen dalam memasarkan hasil produksinya. Salah satu usaha yang ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut diatas yaitu dengan pelaksanaan periklanan dalam hal ini yaitu biaya periklanan yang tepat dan terpadu agar konsumen dapat dengan mudah memperoleh produk yang diinginkannya. Biaya periklanan tersebut mencangkup biaya sponsorship, iklan di majalah atau Koran, pembuatan flayer, iklan di media elektronik atau radio yang bertujuan untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan yang sejenis, serta untuk meningkatkan hasil penjualan. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya periklanan terhadap hasil penjualan pada Float Clothing Company Bandung, maka dilakukan penelitian pada perusahaan tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu Deskriptif dan Verifikatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa biaya periklanan pada Float Clothing Company setiap tahunnya mengalami peningkatan yang disebabkan untuk mengenalkan produk yang ditawarkan dan persaingan yang cukup ketat. Sedangkan hasil penjualan pada Float Clothing Company setiap tahunnya juga mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diakibatkan biaya periklanan yang dibuat oleh Float Clothing Company berjalan dengan baik. Setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan regresi linear sederhana di dapat nilai a sebesar 9323,266 dan nilai b sebesar 6,602 yang menunjukan bahwa hubungan kedua variabel searah, koefisien determinasi sebesar 62,4 % hal ini mengungkapkan bahwa biaya distribusi periklanan mempengaruhi volume penjualan sebesar 62,4 %, sedangkan sisanya sebesar 37,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yaitu adanya perubahan pada selera konsumen, harga jual produk, dan persediaan bahan baku baik itu bahan baku maupun produk jadi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan hasil penjualan dipengaruhi oleh biaya periklanan, jika biaya dperiklanan yang diterapkan atau dilaksanakan oleh perusahaan dengan baik maka hasil penjualan akan meningkat, dengan kata lain setiap peningkatan biaya periklanan selalu dibarengi dengan peningkatan hasil penjualan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7962

Actions (login required)

View Item View Item