PENGARUH PENETAPAN HARGA KAMAR TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA KAMAR DI HOTEL DE`QUR BANDUNG

Maulana, Reza (2006) PENGARUH PENETAPAN HARGA KAMAR TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA KAMAR DI HOTEL DE`QUR BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hotel de’Qur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perhotelan berbintang dua (2) dikota Bandung. Dewasa ini, pertumbuhan dibidang industri perhotelan di Indonesia khususnya dikota Bandung mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal tersebut menuntut setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perhotelan untuk selalu berinovasi dalam memenuhi kebutuhan konsumennya, baik dari segi harga, mutu, nilai maupun kepuasan konsumen serta mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik dari para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap penetapan harga, dan mengetahui keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar, serta sejauhmana pengaruh penetapan harga kamar terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar di Hotel De’Qur Bandung Dalam penelitian ini yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verikatif, artinya menggambarkan dan menjelaskan hal-hal apa saja yang dilakukan oleh perusahaan terutama tentang pengaruh penetapan harga kamar dan sejauhmana keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Sedangkan metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Survei Explanatory, yaitu suatu metode yang berguna untuk menjelaskan hubungan kausal antar dua variabel melalui pengujian hipotesis (M. Singarimbun,1983:3). Teknik pengambilan sampel adalah secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Populasi di hotel de’Qur sekitar 100 orang perbulan dan diambil sampel secara acak sebanyak 50 orang dengan menggunakan rumus ukuran sampel dari Slovin dengan tingkat kesalahan pengambilan sampel sebesar 10% (e=0,1). Penulis menggunakan uji statistik dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dan untuk memudahkan dalam proses pengolahan data digunakan Software SPSS 12.00 For Windows. Dari hasil analisis data yang diperoleh adalah hasilnya dalam kategori baik, hal ini bisa terlihat dimana tanggapan responden mengenai penetapan harga kamar sebesar 2639, dan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar sebesar 1736. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penetapan harga kamar dengan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar adalah hubungan kuat dan positif yaitu sebesar 0,786. Dimana hubungan tersebut berupa pengaruh korelasi kuat dari penetapan harga kamar terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar. Sedangkan didalam pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan nilai t hitung = 8,811 dimana nilai t tabel = 1,684. Sehingga terbukti bahwa terdapat hubungan signifikan antara penetapan harga kamar dengan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar. Maka H0 ditolak dan H1 diterima karena t hitung > t tabel atau 8,811 > 1,684.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7973

Actions (login required)

View Item View Item