HUBUNGAN DAYA TARIK IKLAN “TAMBAH DAYA MUDAH, CEPAT DAN NYAMAN” OLEH HUMAS PT. PLN DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN (DJBB) MEMALUI MEDIA MASSSA TERHADAP MOTIVASI PELANGGAN UNIT PELAYANAN JARINGAN (UPJ

Fritzie Shirleen, Almira (2006) HUBUNGAN DAYA TARIK IKLAN “TAMBAH DAYA MUDAH, CEPAT DAN NYAMAN” OLEH HUMAS PT. PLN DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN (DJBB) MEMALUI MEDIA MASSSA TERHADAP MOTIVASI PELANGGAN UNIT PELAYANAN JARINGAN (UPJ.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan daya tarik iklan “Tambah Daya Mudah, Cepat dan Nyaman” oleh Humas PT. PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB) melalui media massa terhadap motivasi pelanggan Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Bandung Timur untuk mengikuti program tersebut. Sehingga untuk dapat melihat sejauhmana hubungannya, peneliti mencoba untuk menganalisis seperti apa kredibilitas perancang dan penyampai iklan Tambah Daya Mudah, Cepat dan Nyaman, seperti apa isi pesan iklan Tambah Daya Mudah, Cepat dan Nyaman dan sejauhmana kebutuhan, keinginan, kepuasan pelanggan terpenuhi oleh daya tarik iklan Tambah Daya Mudah, Cepat dan Nyaman oleh Humas PT. PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey dengan tekhnik analisis Deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, serta didukung oleh studi literatur. Unit samplingnya adalah seluruh pelanggan PT. PLN UPJ Bandung Timur yang melakuan pembayaran rekening di loket Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Bandung Timur. Jumlah pelanggan yang datang pada bulan Januari 2006 adalah 1323 pelanggan, maka diperoleh sampel sebanyak 93 orang. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Incidental Sampling yaitu metode pemilihan sampel dimana setiap populasi yang kebetulan memenuhi kategori dapat dijadikan sampel. Selanjutnya data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket, diberi skor, dianalisa dan diolah dengan menggunakan Skala Likert dan Koefisien Korelasi Jenjang Spearman (The Spearman Rank Order Correlation Coefficien, Rs) pada program SPSS 11.5. Hasil penelitian menunjukan bahwa kredibilitas perancang dan penyampai iklan Tambah Daya Mudah, Cepat dan Nyaman (Humas PT. PLN DJBB) terhadap motivasi pelanggan sebesar 81% (Tinggi), hubungan isi pesan terhadap motivasi pelanggan sebesar 100% (Tinggi), hubungan kebutuhan terhadap daya tarik iklan sebesar 81% (Tinggi), hubungan keinginan terhadap daya tarik iklan sebesar 81% (Tinggi), hubungan kepuasan terhadap Daya Tarik iklan sebesar 81% (Tinggi) dan besarnya korelasi antara daya tarik iklan terhadap motivasi pelanggan untuk mengikuti program tersebut yaitu 100% (Tinggi) yang berartikuat, searah dan signifikan. Kesimpukan dari penelitian ini Ho ditolak dengan demikian H1 diterima atau berarti ada hubungan antara daya tarik iklan Tambah Daya Mudah, Cepat dan Nyaman oleh Humas PT. PLN DJBB melalui media massa terhadap motivasi pelanggan UPJ Bandung Timur untuk mengikuti program tersebut. Sebagai saran untuk perusahaan, agar mengadakan kembali program yang sama di tahun mendatang mengingat masih banyak pelanggan yang belum sempat mengikuti program.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item