ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGUASAI KANJI (Penelitian terhadap Mahasiswa Tingkat II Sastra Jepang Unikom Tahun Ajaran 20

Hoeriyah, Haryanti (2006) ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGUASAI KANJI (Penelitian terhadap Mahasiswa Tingkat II Sastra Jepang Unikom Tahun Ajaran 20.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bagi para pembelajar asing yang mempelajari bahasa Jepang, mempelajari kanji bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan jumlah huruf kanji yang banyak, bentuk tulisannya tampak rumit, dan memiliki cara bacanya yang beragam, yaitu on’yomi (cara baca Cina) dan kun’yomi (cara baca Jepang). Dan cara tulis kanji pun sangat sulit karena banyaknya garis-garis atau coretan-coretan dalam satu kanji. Cara menulis kanji yang sulit dikarenakan setiap kanji memiliki standar baku penulisan. Inilah yang menyebabakan kesulitan dalam mempelajari kanji. Hal-hal tersebut akan menimbulkan kesulitan bagi pembelajar asing untuk dapat mengingat, membaca dan menulis kanji. Mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Komputer Indonesia sebagai pembelajar asing tentunya akan mengalami kesulitan dalam menguasai kanji. Karena dilatarbelakangi hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kemampuan mahasiswa Tingkat II Jurusan Satra Jepang Universitas Komputer Indonesia dalam menguasai kanji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan instrument penelitian yang digunakan berupa tes khusus, angket dan studi literature. Tes khusus dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam menguasai kanji. Dari hasil tes diketahui bahwa tingkat kemampuan mahasiswa dalam menguasai kanji adalah kurang, dengan perolehan nilai rata-rata 54.7. Sedangkan untuk mengatasi kesulitan, faktor penyebab kesulitan, dan cara mengatasi kesulitan dalam menguasai kanji, diperolah dengan cara menyebarkan angket. Dari angket diketahui bahwa mahasiswa kesulitan dalam menguasai kanji adalah saat membaca dan menulis kanji. Faktor penyebab kesulitan dalam menguasai kanji adalah kurangnya pemahaman mahasiswa tentang kanji, faktor individu yang kurang berlatih dan kurangnya faktor pendukung proses belajar. Untuk mengtasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menguasai kanji adalah dengan memotivasi diri sendiri untuk sering berlatih menulis dan membaca kanji. Belajar kanji bersama dengan teman dam membaca buku-buku literature tentang kanji, misalnya komik-komik, majalah yang berbahasa Jepang.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8046

Actions (login required)

View Item View Item