PROMOSI PENJUALAN PRODUK KARTU SELULER CDMA UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN (Studi Kasus Kartu Seluler CDMA StarOne)

Subhan Septiana, Taufik (2006) PROMOSI PENJUALAN PRODUK KARTU SELULER CDMA UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN (Studi Kasus Kartu Seluler CDMA StarOne).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Industri bisnis telekomunikasi tidak pernah ada matinya, berbagai perkembangan baru selalu mewarnai industri ini setiap waktu. Tidak heran apabila industri telekomunikasi merupakan sektor yang mengalami evolusi yang sangat signifikan. Perkembangan sebuah sistem telepon selular (ponsel) sebenarnya telah banyak mengalami evolusi yang panjang, sebelum melesat perkembangannya seperti sekarang ini. Ponsel tidak hanya sebagai alat komunikasi suara saja, akan tetapi telah menjadi piranti yang canggih, sebagai media komunikasi yang mempunyai fungsi yang sangat luas karena berkembangnya teknologi fixed wireless acces (FWA) dan teknologi transmisi data. Layanan telepon selular telah menjadi kebutuhan yang sangat penting, yang dalam tahun-tahun mendatang tidak mustahil akan menggeser layanan telepon tradisional. Salah satu perkembangan teknologi telekomunikasi yang gres sekarang ini adalah munculnya generasi terbaru teknologi telekomunikasi yang berbasis Code Division Multiple Acces (CDMA). Basis teknologi telekomunikasi terbaru ini merupakan proses inovasi lanjutan produk telepon berbasis GSM, AMPS dan ETDMA yang sudah lama berkembang. CDMA berbasis telepon fixed wireless digital, tidak jarang CDMA disebut sebagai telepon rumah yang bisa dibawa kemana-mana. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan dari CDMA, kelebihan yang ditawarkan ini akan berpengaruh terhadap tarif yang lebih ekonomis. Nilai lebih ini sangat didambakan bagi para pemakai ponsel yang berorientasi pada tarif hemat, dengan kelebihan ini diyakini perkembangan telepon CDMA akan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Star One merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh Indosat Untuk pertama kalinya Star One diperkenalkan oleh perusahaan telekomunikasi Indosat sejak bulan Juli 2004 akan tetapi masih terbatas pada kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Malang. Kehadiran teknologi CDMA pada dunia telepon seluler memberikan kemungkinan kepada perusahaan telekomunikasi untuk lebih mengembangkan produknya, karena potensi pasar seluler berbasis CDMA masih terbilang cukup luas. Dengan keunggulan dan kelebihannya, Star One membidik pangsa pasar untuk kalangan menengah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dikalangan tersebut. Seiring dengan berkembangnya dunia seluler di Indonesia, StarOne ingin memperluas market pengguna kartu prabayar dan pasca bayar Star One tidak hanya untuk kota-kota besar saja, akan tetapi dapat merambah keberbagai daerah seperti produk kompetitornya. Perkembangan teknologi selular, sekarang ini telah banyak bermunculan provaider-provaider baru yang menjadi kompetitor bagi produk Star One. Semua provaider tersebut menggunakan sistem telekomunikasi berbasis CDMA. Masing-masing mempunyai kelebihan yang berbeda-beda untuk ditawarkan kepada masyarakat, setiap perusahaan tersebut berlomba untuk menawarkan berbagai kelebihannya melalui strategi promosi yang besar-besaran baik melalui jalur above the line (ATL) maupun below the line (BTL) dengan tujuan agar brand awareness mereka tertanam dalam benak konsumen. Untuk mencapai keberhasilan dalam menarik minat konsumen terhadap produk yang kita tawarkan diperlukan suatu sistem promosi yang terpadu, hal tersebut mutlak dilakukan agar produk yang ditawarkan lebih dikenal oleh konsumen sehingga diharapkan banyak konsumen yang tertarik akan produk yang ditawarkan

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item