KARAKTERISTIK VISUAL SAMPUL NOVEL TEEN LIT Studi Kasus Sampul Novel Teen Lit Penerbit Gramedia Pustaka Utama dan Penerbit Mizan

Ishak Vidiarsa, Andika (2006) KARAKTERISTIK VISUAL SAMPUL NOVEL TEEN LIT Studi Kasus Sampul Novel Teen Lit Penerbit Gramedia Pustaka Utama dan Penerbit Mizan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan makin berjamurnya novel teen lit yang diterbitkan oleh berbagai macam penerbit, mengakibatkan para pembaca sangat sulit untuk menentuan novel manakah yang layak mereka baca. Hal ini menyebabkan fungsi dari sampul novel teen lit menjadi lebih berarti. Untuk itu para perancang sampul novel teen lit berupaya menghasilkan sebuah desain sampul yang dapat diterima dengan baik oleh target sasarannya. Namun mereka memerlukan sebuah acuan yang dapat membantu mereka dalam menghasilkan desain sampul tersebut. Penelitian ini membahas mengenai karakteristik dan pola kecenderungan dari sampul novel teen lit. Karakteristik sampul novel teen lit yang dicari dalam penelitian ini meliputi tipografi, ilustrasi, warna dan komposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi naturalistis dan metode observasi analisis isi. Alat dan teknik pengukuran yang digunakan adalah teori elemen visual, teori komunikasi dan teori psikologi. Untuk teori elemen visual diklasifikasi lagi menjadi tipografi, ilustrasi, warna dan komposisi, hal ini ditentukan berdasarkan unsur visual yang terdapat pada sampul novel. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling acak (random) yang merupakan novel terbitan Gramedia Pustaka Utama dan Mizan. Dari hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pola kecenderungan dalam desain sampul novel teen lit, serta memiliki karakteristik visual yang jelas apabila ditinjau dari sudut pandang teori elemen visual. Oleh karena itu, penting bagi seorang desainer grafis, penerbit serta pengarang novel teen lit untuk lebih memahami hal-hal tersebut diatas. Karena ternyata banyak faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu karya.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8095

Actions (login required)

View Item View Item