PERANCANGAN DAN PERENCANAAN STASIUN TV SCTV.

Suryati, Eti (2006) PERANCANGAN DAN PERENCANAAN STASIUN TV SCTV.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Media informasi dewasa ini sangatlah diperlukan karena mempunyai peranan penting untuk menarik perhatian pemirsa. Televisi sebagai media massa mempunyai banyak kelebihan dalam menyampaikan pesan dibandingkan dengan media massa lainnya. Hal itu dikarenakan pesan-pesan informasi yang disampaikan oleh media televisi tidak hanya berupa pesan/informasi melalui suara (audio ) saja tetapi juga dilengkapi dengan gambar (visual) yang disajikan secara bersamaan. Pesan tersebut harus aktual dan tersaji secara cepat, tepat, jelas dan singkat terlebih lagi dalam siaran langsung (live broadcast ). Stasiun televisi pertama di Indonesia adalah TVRI yang di buat dengan tujuan untuk meliput dan mendukung ASIAN Games IV tahun 1962. sempat berhenti mengudara dikarenakan persoalan organisasi, namun pada tanggal 18 september 1962 TVRI kembali hadir dan tidak pernah berhenti mengudara lagi hingga saat ini. Persaingan yang sangat ketat dalam dunia pertelevisian di Indonesia menimbulkan tuntutan baru untuk membenahi performance fasilitas produksi dan managemennya. Tuntutan untuk menambah jumlah tayangan lokal membuat televisi swasta di Indonesia mengembangkan fasilitasnya. Stidio-studio produksi ditambah kantor-kantor administrasi diperluas dan lain sebagainya. Perkembangan stasiun televisi di Indonesia dimulai sejak berdirinya TVRI yaitu pada tahun 1962 yang merupakan stasiun televisi milik pemerintah yang sampai saat ini berarti telah berusia 36 thn. Kemudian pada sekitar awal tahun 90-an mulai berdiri beberapa stasiun televisi swasta yang sampai saat ini telah mencapai 10 stasiun Tv. Stasiun televisi swasta ada dikarenakan banyaknya dijumpai keluhan mengenai stasiun televisi yang telah ada yaitu TVRI, hal ini terjadi karena siaran yang diadakan oleh stasiun televisi pemerintah tersebut terlalu monoton hingga menimbulkan kejenuhan bagi pemirsanya,malah beberapa acara kadang hanya merupakan propaganda pihakk pemerintah, sehingga kreativitas sulit dikembangkan. Hal ini dapat dimaklumi karena tiadanya saingan. Kehadiran televisi swasta sebenarnya bukan merupakan saingan bagi TVRI melainkan sebagai partner kerja sebagaimana kehadiran radio swasta yang diharapkan merupakan upaya pemerataan informasi.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Interior > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Interior (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8102

Actions (login required)

View Item View Item