Laporan Kerja Praktek PT. GALAMEDIA BANDUNG PERKASA

Setiawan, (2006) Laporan Kerja Praktek PT. GALAMEDIA BANDUNG PERKASA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada era globalisasi dan perkembangan jaman, kemampuan teknologi sekarang ini semakin kompetitif ditambah dengan persaingan dalam dunia kerja yang semakit ketat membuat kita jadi lebih berfikir bagaimana meningkatkan kualitas kerja dan pengembangan berkreatifitas. Pengembangan kreatifitas dapat kita lakukan dengan berlatih dan mencoba hal-hal baru yang sesuai dengan keahlian yang kita miliki, selain itu dalam hal pendidikan dengan lebih giat belajar dapat mengasah kemampuan yang telah kita miliki. Dengan seiringnya perkembangan jaman, terjadi juga perkembangan dalam bidang informasi. Sekarang ini, kita dapat mencari dan memperoleh data informasi dalam negeri maupun luar negeri dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam bidang informasi, beberapa media yang dijadikan alat penyampaian informasi salah satunya media cetak, yaitu surat kabar atau biasa kita kenal menyebutnya koran. Media cetak ini, telah ada di era Renaissance Europe sebagai media yang berhubungan dengan informasi berita peperangan, kondisi perekonomian, adat istiadat, kehidupan masyarakat pada saat itu. Media cetak surat kabar pun membutuhkan kemampuan kreatifitas yang cukup tinggi serta keahlian yang profesional yaitu dalam bidang desain visual. Di Indonesia, rubrik tersebut dikenal juga dengan penamaan antara lain ‘pariwara’ atau ‘advertorial’. Sebagai rubrik iklan, pariwara, advertorial atau paid article, maka desain atau layout halaman tersebut haruslah tampil beda dari desain atau layout yang lazim digunakan untuk halaman-halaman bagi rubrik tulisan dan ilustrasi pemberitaan. Juga lazimnya terdapat perbedaan dalam jenis-jenis huruf yang digunakan pada rubrik-rubrik yang berbeda-beda pula tujuannya. Perbedaan dimaksudkan agar para pembaca sejak awal sudah mengetahui dan dapat segera membedakan antara sajian karya jurnalistik dan sajian iklan atau materi sejenisnya. Dalam dunia surat kabar, DR Mario Garcia adalah Presiden dan CEO GARCIA MEDIA, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang desain visual, khususnya surat kabar. Reputasinya sudah sangat mendunia. Pengalamannya tak diragukan. Selama lebih kurang 30 tahun ia telah bergelut dalam dunia desain surat kabar. Dia bersama dengan timnya sudah menggarap hampir 500 surat kabar di seluruh dunia, baik mendesain dari nol hingga merombak habis-habisan atau menyegarkan kembali sebuah wajah surat kabar. The Wall Street Journal, The Wall Street Journal Europe, De Morgen, Die Zeit (Jerman), el Mercurio (chile), El Tiempo (Colombia), The Hindu (India) hingga proyek terbaru di Kompas (Indonesia). Dia juga telah menulis puluhan buku tentang desain, memperoleh gelar profesor dari Syracuse University dan University of Florida, dan memperoleh penghargaan seumur hidup atas bidang yang ditekuninya dari Society of Design. Dengan adanya media informasi khususnya surat kabar, seorang desainer grafis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan karya-karyanya. 1.1 Maksud dan Tujuan Kerja Praktek Maksud dan tujuan dari kerja praktek yang telah dijalani oleh penulis adalah sebagai pijakan dan batu loncatan pertama sebelum terjun kedalam dunia kerja yang propesional dan berkualitas, beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sebenarnya, menguji kemampuan dan keahlian yang telah dimiliki selama perkuliahan untuk diterapkan dalam dunia kerja yang sebenarnya, memahami kerja dan profesi Desainer Komunikasi Visual secara menyeluruh, dan Kerja Praktek ini memberikan bekal pengalaman dan keahlian yang tidak penulis dapatkan dibangku perkuliahan. Hal yang paling utama dari tujuan penulis melaksanakan Kerja Praktek di perusahaan percetakan media massa PT. Galamedia Bandung Perkasa adalah untuk mengetahui dan mengenal lebih detail proses mendesain rubrik dalam layout dan percetakan, serta proses kinerja dari perusahaan percetakan itu sendiri. Kemudian pembuatan laporan Kerja Praktek ini merupakan hasil nyata dari kerja dan karya yang penilis kerjakan selama menjalani Kerja Praktek serta merupakan dari proses pembelajaran dari beberapa mata kuliah yang didapat. Semua yang telah dikerjakan selama Kerja Praktek adalah refleksi dari ilmu-ilmu dan pengetahuan yang dikombinasikan serta diterapkan dilapangan, dalam hal ini dunia kerja terkait dengan Desain Komunikasi Visual.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8131

Actions (login required)

View Item View Item