LAPORAN KERJA PRAKTEK GEM-AFIA INDONESIAN GEMSTONE PROMOTION CENTER

Adhi Mikohltha, Ronna (2006) LAPORAN KERJA PRAKTEK GEM-AFIA INDONESIAN GEMSTONE PROMOTION CENTER.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam rentan waktu perjalanan sejarah yang panjang, peradaban manusia mengenai informasi merupakan salah satu kebutuhan manusia sejak dulu hingga sekarang. Banyak media yang menawarkan berbagai macam kemudahan untuk mendapatkan informasi tersebut, mulai dari televisi, radio, sampai media cetak. Salah satu media informasi yang banyak di gunakan ialah iklan sebagai media promosi untuk membesarkan sebuah nama atau jabatan. Dengan media iklan dapat dimanfaatkan dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Kemampuan teknologi di dunia semakin hari semakin kompetitif. Para kreator-kreator handal berusaha menciptakan berbagai macam upaya agar terciptanya suatu kreatifitas yang dapat di terima oleh masyarakat luas. Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat memacu untuk meningkatkan kwalitas kerja dan pengembangan kreatifitas. Pengembangan kreatifitas dapat dilakukan dengan cara mencoba dan terus berusaha mencoba sesuatu hal yang baru dan original sesuai dengan kemampuan dan kehlian yang dimiliki dari masing-masing manusia. Dalam hal pendidikan dengan lebih giat belajar dan memperhatikan dapat meningkatkan skill yang telah dimiliki sebelumnya. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dunia kerja pun membutuhkan sumberdaya manusia atau tenaga-tenaga kerja yang ahli di bidangnya yang berkwalitas dan profesional. Banyak lembaga pendidikan berlomba-lomba menyuguhkan berbagai macam keunggulan pada lulusannya agar dapat diterima di dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Para lulusan dari berbagai lembaga pendidikan berlomba-lomba bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan ilmu yang ditekuninya saat dalam pendidikan. Walau nyatanya banyak juga perusahaan yang menerima pegawainya dengan menempatkan posisinya di perusahaan yang tidak sesuai dengan keahlian yang dimilikinya selama di pendidikan. Salah satu bidang yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi di dunia kerja adalah desainer. Desainer adalah seseorang yang ahli di bidang desain, baik itu desain grafis, interior, produk, dll. Desain itu sendiri memiliki arti yang sama dengan menciptakan. Karena dalam intinya desain adalah menciptakan sesuatu dari ide-ide yang ada pada kepala melalui berbagai proses seperti perencanaan, pengaturan, dan juga pengolahan elemen. Peluang besar yang sering di dapatkan oleh seorang desainer khususnya desai komunikasi visual adalah di bidang advertising. Advertaising atau iklan adalah bentuk promosi untuk mengalihkan perhatian seseorang yang melihat atau masyarakat terhadap sesuatu. Promosi yang ditawarkan melalui sebuah iklan memiliki beberapa bentuk, mulai dari iklan televisi dengan menampilkan visual gerak dan suara untuk lebih melengkapi, dengan media radio yang mengandalkan suara saja, atau dengan media cetak seperti koran, tabloid, majalah, leaflet, brosure, katalog, dll yang hanya mengandalkan visual saja dan itu pun tidak bergerak namun mampu mengalihkan perhatian dan membujuk untuk melihat lebih jauh lagi sampai membelinya. Dari dunia advertising saja para desainer sudah mendapatkan kursi penting di masyarakat dan dunia kerja. Dalam dunia advertising, fenomena yang terjadi saat ini adalah adanya persaingan yang ketat di bidang periklanan. Setiap hari kurang lebih seratus produk dan jasa yang ditawarkan melalui iklan televisi membuat para desainer berusaha keras agar karya yang dihasilkan tidak jatuh dan hilang begitu saja. Tampak disini bahwa iklan merupakan suatu promosi yang dipercaya sebagai cara untuk mendongkrak penjualan oleh kebanyakan pengusaha yang mempunyai anggaran besar untuk promosi. Berbgai perusahaan berusaha untuk meraih kepercayaan dari konsumen dengan cara menawarkan berbagai macam desain promosi yang sangat menarik perhatian masyarakat. Pada saat sekarang ini para desainer dituntut agar lebih kreatif dan inovatif serta original dalam menghasilkan karya-karyanya kedepan.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8137

Actions (login required)

View Item View Item