Laporan Kerja Praktek PT. MANAJEMEN QOLBU MEDIA (PT. MQ Media)

Mustaqim, (2006) Laporan Kerja Praktek PT. MANAJEMEN QOLBU MEDIA (PT. MQ Media).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Media massa cetak merupakan salah satu alat kekuatan dalam berdakwah yang berbentuk tulisan tercetak. Media massa cetak atau yang lebih dikenal dengan media cetak saja dapat bebentuk surat kabar atau koran, majalah, tabloid, buletin dan buku. Dengan demikian media cetak merupakan alat yang memiliki peranan penting dalam setiap perkembangan kehidupan masyarakat seiring pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini. Media cetak senantiasa tampil dengan desain yang semakin menarik, dengan harapan mampu meningkatkan ketertarikan dan minat baca khalayak sekaligus meningkatkan citra media massa sebagai bagian dari media dakwah. Perkembangan teknologi informasi yang pesat sekarang ini memudahkan penyampaian dan pertukaran arus informasi ke seluruh pelosok melalui media yang semakin canggih. Salah satu media cetak alternatif yang dinilai mampu menjadi sarana yang efektif dan efisien dalam menyebarluaskan informasi maupun promosi iklan suatu produk barang/jasa yaitu surat kabar atau tabloid, karena harganya yang relatif murah juga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat menengah kebawah. Hal inilah yang memicu tumbuh dan berkembangnya perusahaan-perusahaan penerbitan media cetak di pelosok negeri. Namun dari sekian banyak media cetak yang diterbitkan, hanya sedikit media cetak yang bernafaskan islam. Karena itulah persaingan diantara semua media cetak yang ada semakin ketat. Masyarakat pun sekarang semakin kritis dan jeli terhadap media cetak yang bernafaskan Islami, hal ini menuntut desainer grafis untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan karya-karyanya yang lebih informatif dan komunikatif sesuai kebutuhan khalayak. Advertising atau atau juga biasa disebut dengan iklan tidak bisa dilepaskan dari persoalan pemasaran (marketing) media cetak ini. Karena iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk atau jasa kepada seseorang/pembeli, mempengaruhi dan memenangkan pendapat publik untuk berfikir dan bertindak, sesuai dengan keinginan yang membuat iklan. Iklan bukan hanya menampilkan pesan mengenai suatu produk saja, namun dengan iklan diharapkan konsumen dapat mengenali perusahaan yang memproduksi barang/jasa yang ditawarkan. Periklanan itu sendiri merupakan suatu bagian yang penting bagi perusahaan penerbitan surat kabar atau tabloid. Karena dari iklan yang masuklah dapat diperoleh pemasukan dana yang cukup besar disampaing pemasaran/penjualan tabloid langsung ke masyarakat. Selain itu melalui penawaran-penawaran yang dilakukan oleh bagian iklan ke perusahaan-perusahaan atau intansi inilah diawalinya suatu kerjasama yang baik dengan perusahaan/intansi tersebut. Maka oleh karena itu dalam pembuatan iklan sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi dari SDM nya disamping harus memiliki keahlian yang professional.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item