Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung

Aditia Nugraha, Dio (2016) Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sentra Industri Sepatu Cibaduyut mengalami penurunan pendapatan dan juga bila dibandingkan dengan sentra industri sepatu lainnya posisi Sentra Industri Sepatu Cibaduyut berada di tingkat bawah. Berdasarkan survei awal, hal ini disebabkan pada kurangnya orientasi Pasar mayoritas pengusaha tidak menggunakan teknologi terbaru dalam proses produksi, lalu pada inovasi produk yang disebabkan kurangnya inovasi produk yang di hasilkan dalam setiap produk yang diproduksi dan kurangnya keunggulan bersaing yang terlihat pada posisi sentra sepatu cibaduyut ini yang berada dibawah sentra sepatu lainnya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi Pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Bandung. Populasi dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah para pengusaha sentra industri sepatu cibaduyut. Penentuan jumlah sampel menggunakan rendem sample karena jumlah pengusaha sepatu yang terdapat di Cibaduyut lebih dari 30. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Sangat tidak setuju) sampai dengan 5 (Sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menggaris bawahi Orientasi Pasar pada Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Bandung yang diukur dari tiga indikator orientasi pasar yaitu orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan informasi pasar berada pada kategori cukup baik. Inovasi pada Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Bandung yang diukur dari tiga indikator inovasi produk yaitu Perluasan Produk, Peniruan Produk dan Produk Baru berada pada kategori kurang baik. Keunggulan Bersaing pada Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Bandung yang diukur dari tiga indikator keunggulan bersaing yaitu Keunikan Produk, Biaya/Harga dan Kualitas Produk berada pada kategori cukup baik. Orientasi Pasar dan Inovasi secara parsial berpengaruh positif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar , Inovasi , Keunggulan Bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item