Rancang Bangun Arsitektur Cloud Computing Pada E-KSU (Koperasi Serba Usaha) Sebagai Sistem Informasi Koperasi Online Di CV. Linggar Arta Media Nusantara (LAMN)

Yuandhika, Agista (2013) Rancang Bangun Arsitektur Cloud Computing Pada E-KSU (Koperasi Serba Usaha) Sebagai Sistem Informasi Koperasi Online Di CV. Linggar Arta Media Nusantara (LAMN).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Linggar Arta Media Nusantara (LAMN) ingin berperan aktif dalam memberikan pelayanan untuk koperasi khususnya Koperasi Serba Usaha (KSU) yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan ekonomi seperti bidang produksi, konsumsi, perkreditan, jasa dan pertumbuhan beberapa usaha lainnya yaitu dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu mengelola semua kegiatan yang terdapat pada koperasi serba usaha. Namun untuk merealisasikannya, CV. Linggar Arta Media Nusantara (LAMN) merasa kesulitan karena kurangnya minat terhadap aplikasi tersebut yang disebabkan biaya operasional mahal dan minimnya infrastruktur yang dimiliki untuk membangun dan menjalankan aplikasi. Oleh karena itu CV. LAMN ingin membangun arsitektur cloud computing pada e-ksu (elektronik koperasi serba usaha). Dalam membangun arsitektur cloud computing, metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi analisis desktiptif. Metodologi analisis deskriptif merupakan metode yang menggambarkan fakta-fakta atau kejadian sekarang secara akurat. Metodologi analisis desktiptif memiliki dua tahapan yaitu tahapan pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan studi literatur dan tahap pengembangan perangkat lunak yang mengadopsi dari model waterfall. Analisis dan perancangan yang digunakan menggunakan analisis terstruktur. Hasil akhir penelitian ini berupa rancang bangun arsitektur cloud computing yang dimodelkan dengan aplikasi e-ksu yang diharapkan dapat membantu dalam menyebarluaskan sistem informasi kepada koperasi, menyeragamkan sistem internal koperasi yang dirasa memiliki kesamaan fungsi dan tugas, memiliki tampilan easy to look dan cukup menarik, memiliki fungsionalitas yang mudah digunakan. Sistem yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan apa yang diharapkan koperasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: koperasi, e-ksu, arsitektur, cloud computing dan sistem
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item