Pengaruh penjualan Pribadi (Personal Selling) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Dealer Rejeki Motor Bandung

Tonggo Pandapotan, Romulo (2010) Pengaruh penjualan Pribadi (Personal Selling) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Dealer Rejeki Motor Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam perekonomian Indonesia yang belum stabil, memberikan dampak pada usaha, begitu juga terhadap bidang usaha Dealer Motor. hal tersebut mengakibatkan perubahan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menetapkan program pemasaran. Kegiatan pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan untuk memasarkan dan menjual barang hasil produksinya kepada konsumen. Daalam kegiatan pemasaran ada unsur-unsur yang dinamakan dengan bauran promosi yang meliputi periklanan, publisitas dan humas, pemasaran langsung, promosi penjualan, dan penjualan tatap muka. Salah satu bauran promosi adalah penjualan pribadi, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli atau persentasi lisan dalam suatu percakapan atau lebih calon pembeli dengan tujuan menciptakan penjualan. Dimana penjualan pribadi akan berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen, yaitu sebagai proses seorang individu memilih, mengorganisasi, menafsirkan, masukan-masukan informasi untuk menceritakan sebuah gambaran yang bermakna tentang dunia. Penjualan Pribadi yang tepat yang didasari Ilmu pengetahuan yang baik akan berdampak positif terhadap keputusan pembelian konsumen. sebaliknya penjualan pribadi yang tidak Rasional atau tidak tidak berdasarkan ilmu pengetahuan akan berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verikatif. Untuk menganalisis hubungan antara kedua variable yang diteliti, peneliti menggunakan analisis Rank Spearman. Karena seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel, maka penelitian ini merupakan penelitian sensus. Data penyusunan skripsi diperoleh dengan melakukan studi kepustakaan, wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan adalah jika rhitung > rkritis (0,300) maka data yang diolah dikatakan valid. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, penulis melihat kalau penjualan pribadi pada Dealer Rejeki Motor mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap keputusan pembelian konsumen. hal ini dapat dilihat dari perhitungan melalui koefisien korelasi yang diperoleh, nilai r = 0,850 dan d = 72,25% dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Uji H0 dengan thitung sebesar 14,25 dan ttabel 1,666. Jadi apa bila penjualan pribadi dilakukan dengan lebih baik, maka sudah dapat dipastikan bahwa tingkat keputusan konsumen untuk melakukan pembelianpun akan meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penjualan Pribadi, Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item