Pengaruh Inovasi produk Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Industri Pakaian Anak Pagarsih Bandung

Pratiwi, Sekardila (2016) Pengaruh Inovasi produk Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Industri Pakaian Anak Pagarsih Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sentra Industri Pakaian Anak Pagarsih mengalami penurunan pendapatan dan juga bila dibandingkan dengan sentra industri pakaian lainnya posisi Sentra Industri Pakaian Anak Pagarsih berada di tingkat bawah. Berdasarkan survei awal,hal ini disebabkan pada kurangnyainovasi produk yang disebabkan kurangnya inovasi dalam setiap produk yang diproduksi, lalu pada diferensiasi produk yang disebabkan mayoritas pengusaha kurangnya pengetahuan mengenai rancangan yang unik, bukan hanya itu para pengusaha juga harus lihai dalam memilih bahan dengan mutu yang terbaik dan bahan yang tidak mudah dan kurangnya keunggulan bersaing yang terlihat pada posisi sentra pakaian anak ini yang berada dibawah sentra pakaian anak lainnya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh inovasi produk dan diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Pakaian Anak Pagarsih, Bandung. Populasi dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah para pengusaha pakaian anak di Pagarsih. Penentuan jumlah sampel menggunakan sampel jenuh karena jumlah pengusaha keramik yang terdapat di Pagarsih kurang dari 30. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Sangat tidak setuju) sampai dengan 5 (Sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menggaris bawahi bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan inovasi produk dan diferensiasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Sebaiknya pemilik usaha pakaian anak di Pagarsih meningkatkan keunikan produk dan kualitas produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi produk, diferensiasi produk, keunggulan bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item