Identifikasi Faktor Beradasarkan Bauran yang Dominan Daya Saing Pasar Tradisional (studi kasus di PD. Pasar Simpang Dago)

Rusdaya, Cecep (2010) Identifikasi Faktor Beradasarkan Bauran yang Dominan Daya Saing Pasar Tradisional (studi kasus di PD. Pasar Simpang Dago).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pasar Tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dengan pembeli yang ditandai dengan adanya transaksi antara penjual dan pembeli secara langsung biasanya disertai dengan adanya tawar-menawar. Pada saat ini keberadaan pasar tradisional semakin tersisihkan dengan menjamurnya pasar swalayan/pasar modern, tidak sedikit kalangan masyarakat melihat pasar tradisional sebelah mata padahal pasar tradisional merupakan salah satu penggerak roda perekonomian. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan daya tarik konsumen melirik pasar tradisional sebagai tempat berbelanjanya, diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metoda analisis faktor dengan bauran pemasaran 4P: harga, produk, promosi, dan tempat. Dari 4P tersebut terdapat 22 variabel. Untuk mempermudah proses analisis, peneliti menggunakan bantuan komputer dengan program aplikasi pengolahan data SPSS 13.0. Dari hasil pengolahan uji analisis faktor, di dapatkan hasil seperti pada tabel berikut ini: No. Faktor Nilai eigenvalue Variance total 1. Harga (Price) 2,222 55,548% 2. Produk (Product) 1,693 42,326% 3. Promosi (Promotion) 1,761 58,690% 4. Tempat (Place) 3,816 38,157% Semua faktor menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih pasar tradisional sebagai tempat berbelanjanya, dengan faktor dominan promosi di ikuti faktor harga, produk, dan tempat. Sedangkan variabel yang dominan antara lain: pelanggan rutin mendapatkan harga khusus, pelayanan di pasar tradisional selalu ramah, adanya pemberitahuan ke pelanggan oleh pedagang apabila ada promosi dari berbagai merk, dan adanya tempat pembuangan sampah ditiap kios/dilingkungan pasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran 4P, Analisis faktor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8767

Actions (login required)

View Item View Item