LAPORAN KEGIATAN KERJA PRAKTEK DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KOTA BANDUNG PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN BARANG DAN JASA

Suharta, (2007) LAPORAN KEGIATAN KERJA PRAKTEK DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KOTA BANDUNG PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN BARANG DAN JASA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lahirnya UU-PK dilatarbelakangi oleh adanya globalisasi dan perdagangan bebas, yang didukung dengan kemajuan teknologi dan informatika dan dapat memperluas ruang gerak transportasi barang dan/atau jasa melintasi batas-batas wilayah suatu negara. Sedangkan disisi lain kemajuan dan kesadaran konsumen masih rendah sehingga terjadi ketidakseimbangan antara konsumen dan pelaku usaha. Ketidak seimbangan dimaksud diperparah dengan masih rendahnya tingkat kesadaran, kepedulian dan rasa tanggung jawab pelaku usaha tentang perlindungan konsumen baik didalam memproduksi, memperdagangkan maupun mengiklankan. Perlindungan konsumen pada hakekatnya adalah segala upaya untuk menjamin adanya kepastian hukum. Dengan telah diberlakukannya Undang-undang Perlindungan Konsumen (UUPK) sejak tanggal 20 April 2000, diharapkan dapat mengangkat harkat dan martabat konsumen serta dapat melindungi konsumen secra keseluruhan, mendorong tumbuhnya iklim dunia usaha yang sehat, tangguh , jujur dan bertanggung jawab dalam menghadapi era perdagangan bebas yang penuh dengan persaingan melalui penyediaan produk yang berkualitas. Berdasarkan kebijakan pola dasar pembangunan Kota Bandung tahun 2004- 2008, yaitu Mengembangkan perekonomian kota yang adil, yang mencakup peningkatan perekonomian kota yang tangguh sehat dan berkeadilan dalam rangka meningkatkan pendapatan mesyarakat, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha. Mengacu pada pola dasar dimaksud, diharapkan diberlakukannya UU-PK para pelaku usaha dalam melakukan kegiatan usahanya menempatkan konsumen tidak semata-mata menjadi target pasar, tetapi merupakan jaminan pasar dalam jangka panjang, yang pada gilirannya perlindungan konsumen dapat dan merebut pasar dalam era globalisasi

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Hukum > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8938

Actions (login required)

View Item View Item