PELAYANAN DALAM PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN PADA DANA PENSIUN TELKOM

Dedi, (2007) PELAYANAN DALAM PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN PADA DANA PENSIUN TELKOM.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dana Pensiun pada prinsipnya merupakan salah satu alternatif untuk memberikan jaminan kesejahteraan bagi karyawan. Adanya jaminan kesejahteraan tersebut memungkinkan karyawan memperkecil masalah-masalah yang timbul dari risiko-risiko yang akan dihadapi dalam perjalanan hidupnya, misalnya risiko kehilangan pekerjaan, lanjut usia, kecelakaan yang mengakibatkan cacat tubuh atau bahkan mungkin meninggal dunia. Risiko-risiko tersebut memberikan dampak finansial terutama bagi kehidupan karyawan dan keluarganya sehingga kesejahteraan yang bersangkutan secara otomatis akan terganggu dan menimbulkan goncangan-goncangan yang pada gilirannya akan mengganggu kelangsungan hidupnya. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya keadaan-keadaan tersebut diciptakan beberapa usaha pencegahan antara lain misalnya dengan penyelenggaraan program pensiun (pension plan) yang dikelola sendiri oleh perusahaan-perusahaan swasta maupun pemerintah sebagai Pemberi Kerja (Pendiri). Kesejahteraan yang telah disebutkan di atas adalah setiap bentuk manfaat (benefit) yang diberikan pemberi kerja kepada karyawan yang dimaksudkan agar karyawan, termasuk keluarganya tidak mengalami kesulitan keuangan apabila sewaktu-waktu karyawan yang bersangkutan berhenti bekerja akibat tidak mampu lagi atau meninggal dunia. Jaminan kesejahteraan tersebut akan memberikan ketenangan pada karyawan karena adanya kepastian akan masa depannya. Secara psikologis, jaminan akan masa depan tersebut akan meningkatkan motivasi kerja dan kinerja karyawan sehingga akan menguntungkan baik pihak perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Oleh karena itu, Manfaat Pensiun merupakan dambaan memperoleh penghasilan setelah berakhir masa kerja seorang karyawan karena pada usia menjelang pensiun adalah masa yang sudah tidak produktif lagi. Hampir seluruh perusahaan dewasa ini telah menyelenggarakan program dana pensiun bagi karyawannya, baik yang dikelola sendiri atau lembaga lain. Bahkan bagi perusahaan yang tidak menyelenggarakan dana pensiun bagi karyawannya, banyak alternatif pilihan untuk memperoleh pensiun dari lembaga lainnya. Pemberian pensiun kepada karyawannya bukan saja hanya memberikan kepastian penghasilan dimasa depan akan tetapi juga ikut memberikan motivasi bagi karyawannya untuk lebih giat bekerja. Dengan memberikan program jasa pensiun para karyawan merasa aman, terutama bagi mereka yang menganggap pada usia pensiun sudah tidak produktif lagi. Selain itu, adanya penyelenggaraan dana pensiun juga turut meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat pensiunan pegawai Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. akan pelayanan jasa penghimpunan dana pensiun yang memberikan kenyamanan dan kepastian masa depan, maka Dana Pensiun Telkom hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan selalu bersikap profesional, setia (loyal) dan jujur serta mampu untuk berpikir jangka panjang. Salah satu cara merealisasikan tersebut adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para peserta pensiun, khususnya dalam hal pembayaran manfaat pensiun. Pelayanan merupakan salah satu kegiatan yang sangat perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan terutama bagi perusahaan jasa seperti Dana Pensiun Telkom. Setiap pelanggan dalam hal ini adalah peserta pensiun mengharapkan kinerja pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapannya dan dapat memperoleh kepuasan dengan pengorbanan yang sepadan. Kesuksesan suatu perusahaan Dana Pensiun salah satunya dapat dilihat dari segi pelayanannya kepada peserta pensiun karena dari segi pelayanan tersebut pelanggan tentunya akan menilai suatu perusahaan Dana Pensiun tersebut mempunyai kualitas yang baik atau tidak. Pelayanan yang kurang baik akan mengakibatkan ketidaknyamanan dan ketidakpuasan bagi pelanggan yang dampak paling buruknya adalah para peserta pensiun akan beralih ke perusahaan lain yang memberikan pelayanan yang lebih baik. Apabila hal ini terjadi maka dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan, khususnya bagi perusahaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Tentunya untuk mencapai sukses perusahaan dalam lingkungan yang kompetitif dalam rangka merumuskan dan melaksanakan proses bisnis perusahaan harus berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan para peserta pensiun sehingga strategi pelayanan dilakukan secara total. Atas pertimbangan tersebut penulis akan menerangkan dalam sebuah laporan dengan judul “Pelayanan Dalam Pembayaran Manfaat Pensiun Pada Dana Pensiun Telkom”.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item