PROSEDUR PENERIMAAN KIRIMAN DOKUMEN DAN BARANG DENGAN PEMBAYARAN KREDIT PADA POS EXPRESS BANDUNG DI PT. POS INDONESIA

Ruswandi Putra, Febrian (2007) PROSEDUR PENERIMAAN KIRIMAN DOKUMEN DAN BARANG DENGAN PEMBAYARAN KREDIT PADA POS EXPRESS BANDUNG DI PT. POS INDONESIA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dewasa ini jaminan terhadap keamanan kiriman pos semakin dibutuhkan, mengingat surat ataupun paket pos yang berisi dokumen atau barang mempunyai nilai yang sangat berarti dan selayaknya dijamin keutuhannya. PT. POS Indonesia mengeluarkan produk baru dalam mengatasi persaingan yang terjadi sekarang. Terobosan baru tersebut meliputi layanan pengiriman tercepat yang disebut POS Express. Layanan POS Express ini dimaksudkan untuk menjamin kemanfaatan dan keamanan pelanggan yang melakukan transaksi surat pos dan paket pos tujuan dalam negeri. POS Express merupakan layanan terkini jasa pengiriman dan selalu mengedepankan akurasi pengiriman. Pengiriman maksimal 1 hari tiba di alamat tujuan dengan harga paling kompetitif, variatif dan paling menguntungkan. Setiap keterlambatan yang terjadi akan diganti sesuai dengan biaya yang dikenakan pada saat pengiriman. Salah satu pelayanan yang ditawarkan oleh POS Express adalah pembayaran kredit terhadap penerimaan kiriman dokumen dan barang. Untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat maka POS Express menyediakan informasi yang mencakup keakuratan, relevansi, ketepatan waktu, kelengkapan dan dapat dipercaya, dimana semuanya akan didapatkan dengan menggunakan prosedur yang tepat. Sebuah prosedur dengan pembayaran kredit pada umumnya merupakan suatu transaksi kredit, dimana jika order dari pelanggan telah terpenuhi dengan pengiriman barang atau penyerahan jasa, untuk jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya. Mengingat bahwa POS Express memberikan pelayanan jasa kurir/ pengiriman terutama untuk pelanggan korporat/ perusahaan, perjanjian kerjasama sangat dibutuhkan dalam melaksanakan prosedur ini untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Dalam menjalankan prosedur penerimaan dokumen dan barang dengan pembayaran kredit seharusnya terkait dengan beberapa fungsi seperti fungsi kredit, fungsi gudang, fungsi pengiriman, fungsi akuntansi, dan fungsi penagihan, dimana semua fungsi tersebut akan berperan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan untuk merebut pasar dan mendapatkan keuntungan/ laba. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melaksanakan kerja praktek akuntansi yang berhubungan dengan hal tersebut dengan judul: “PROSEDUR PENERIMAAN KIRIMAN DOKUMEN DAN BARANG DENGAN PEMBAYARAN KREDIT PADA POS EXPRESS BANDUNG DI PT. POS INDONESIA“

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9126

Actions (login required)

View Item View Item