Kualitas Pelayanan Publik oleh Aparatur Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi (BAPAPSI) Kabupaten Bandung Melalui Website www.bandungkab.go.ig

Kuswardan, Herman (2010) Kualitas Pelayanan Publik oleh Aparatur Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi (BAPAPSI) Kabupaten Bandung Melalui Website www.bandungkab.go.ig.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah yaitu. Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung telah memiliki website pelayanan informasi pemerintahan melalui Internet, yaitu www.bandungkab.go.id selain memuat informasi tentang kegiatan pemerintahan khususnya Kabupaten Bandung, website tersebut berfungsi pula sebagai pusat informasi dan data pemerintahan Kabupaten Bandung sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan informasi yang diinginkan, akan tetapi permasalahan yang terjadi mengenai isi pemberitaan dinilai tidak aktual dan objektif, sebab informasi berita yang disajikan dalam website tersebut, sudah lama terjadi serta cenderung dilihat dari sisi pemerintah saja. Permasalahan lain yang timbul adalah keterlambatan pelayanan, atau bahkan tidak ada respons sama sekali, terhadap apa yang diperlukan masyarakat. Pelayanan data yang kurang lengkap dan keterlambatan informasi terkini, yang mungkin diperlukan masyarakat atau dibutuhkan untuk diketahui oleh masyarakat. Sehingga dimungkinkan masyarakat akan merasa kurang yakin terhadap keandalan, serta pengusaan materi dan penguasaan teknologi dari aparatur Bapapsi Kabupaten Bandung. Sedangkan informasi tersebut sangat diperlukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui studi pustaka, observasi ke lapangan serta melakukan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi (Bapapsi) Kabupaten Bandung dengan menggunakan teknik purposive, selain itu masyarakat dijadikan sebagai informan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan publik oleh aparatur Bapapsi Kabupaten Bandung melalui website www.bandungkab.go.id , secara keseluruhan berdasarkan dimensi kapasitas, etika serta sistem pelayanan, menunjukan sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat permasalahan yaitu belum terkoordinasi antara Bapapsi Kabupaten Bandung dengan SKPD yang lain dalam memberikan jawaban persoalan permintaan informasi, selain itu masih belum memadai mengenai infrastruktur, mengenai profesionalisme aparatur masih perlu ditingkatkan. Penulis memberikan saran supaya Bapapsi Kabupaten Bandung lebih meningkatkan koordinasi dengan SKPD lain dalam menjawab persoalan permintaan informasi yang diajukan masyarakat, mengenai profesionalisme aparatur masih perlu ditingkatkan supaya ditingkatkan lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik Aparatur, Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9154

Actions (login required)

View Item View Item