Laporan Kerja Praktek PT. VISUAL INSAN PERSADA

Guslan, Agie (2007) Laporan Kerja Praktek PT. VISUAL INSAN PERSADA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dengan semakin banyaknya Televisi swasta yang beroperasi, baik itu Televisi lokal ataupun televisi nasional, tentu saja membawa pengaruh kepada persaingan televisi di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri lagi di Indonesia terdapat lebih dari 10 televisi swasta yang semuanya bersifat hiburan, oleh karena itu untuk bertahan agar tetap exis, televisi-televisi terus berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam berbagai hal, mungkin tidak semua perusahaan televisi memiliki strategi yang sama untuk meraih rating yang tinggi untuk menarik sponsor beriklan di perusahaan mereka, mereka memiliki strategi yang berbeda, ada yang lebih condong ke pembelian film-film Box office, ada juga yang mengedepankan reality show, infotainment, dan lainya. Semua itu guna untuk mencapai tujuan, yaitu untuk tetap bertahan di blantika televisi nasional dan menjadi yang terdepan. Selain dari itu pengemasan visual pun harus dilakukan untuk membuat televisi lebih menarik dan memiliki karakter, oleh karena itu disini diperlukan peran dari yang disebut dengan desain grafis atau desain komunikasi visual (DKV), Desain Komunikasi Visual dan televisi adalah dua hal yang hampir tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling memberikan keterkaitan, dengan perancangan desain dan ilmu teori desain komunikasi visual, televisi menjadi media massa yang menarik sekaligus dapat menghibur, tanpa meninggalkan pesan informatif sebagai tujuan utama sebuah media massa. Sebuah perusahaan Televisi terdiri dari tenaga tenaga professional yang berkerja untuk memberikan suatu informasi kepada khalayak banyak atau massa. Televisi dianggap efektif karena memiliki kemampuan dalam menjangkau khalayak banyak yang tidak dapat dicapai oleh media lain, selain itu dampak informasi yang bisa diberikan oleh televisi sangatlah besar dan berpengaruh, hal ini dicapai karena banyak masyrakat yang meluangkan waktunya untuk mencari informasi dan hiburan di televisi. Dalam perancangan suatu informasi tersebut para desainer grafis sangat diperlukan, karena perancangan audio visual adalah hal yang memegang peranan penting dalam perusahaan-perusahaan televisi di Indonesia. Secara umum desainer grafis adalah pekerja di balik layar dari semua tampilan di televisi, desainer grafis dalam hal ini harus cakap dalam melihat esensi dari suatu acara yang akan masuk dalam perancangan animasinya, baik pengerjaan animasi pembuka (opening tune), bumper, super impose maupun suatu tempelatte. Jadi desainer grafis memiliki peluang yang amat besar di dunia pertelevisian karena desain grafis dan televisi adalah dua bidang yang berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan, setiap perancangan grafik di pertelevisian tidak bisa lepas dari cara perencanaan dan teori para desainer grafis.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9350

Actions (login required)

View Item View Item