DESAIN STIKER TELEPON UMUM ESIA BIMA ADVERTISING

Fauzie Saputra, Rizky (2007) DESAIN STIKER TELEPON UMUM ESIA BIMA ADVERTISING.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sesuai dengan peraturan yang berlaku di Universitas Komputer Indonesia mahasiswa/i diwajibkan mengikuti kerja praktek bagi jenjang Strata l, untuk mengembangkan profesi sejalan dengan ilmu atau bidang yang digeluti oleh kita adalah salah satu cita-cita mahasiswa/i pada umumnya. Maka dari itu Universitas Komputer Indonesia mewajibkan mahasiswa/i-nya mengikuti mata kuliah kerja praktek yang dilaksanakan di lemabaga-lembaga yang berhubungan dengan dunia Desain Komunikasi Visual. Kerja praktek adalah salah satu sistem yang digunakan dalam rangka pembekalan calon lulusan perguruan tinggi untuk siap memasuki dunia kerja. Dalam proses pelaksanaanya memerlukan kerja sama antara perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan yang terkait. Selama proses kerja praktek teori-teori yang didapat secara formal menjadi bekal lingkungan kerja di lapangan, dengan bimbingan dari pembimbing yang ada di perusahaan dan pembimbing dari perguruan tinggi asal. Dari ilmu pengetahuan yang didapat di perguruan tinggi pada umumnya bersifat teoritis walaupun beberapa upaya cara pembelajaran dilakukan dengan pendekatan praktikan. Namun jelas sekali perbedaan praktek ilmu dalam pendidikan formal dengan pekerjaan yang sesungguhnya terjadi di lapangan pekerjaan. Untuk memantapkan ilmu yang didapat dalam pendidikan formal perlu adanya pengenalan kepada mahasiswa/i untuk lebih mengenal dunia kerja yang akan mereka masuki. Mahasiswa/i dituntut untuk dapat menyesuaikan kemampuannya dalam menghadapi segala sesuatu yang berurusan dengan bidangnya dan mengaplikasikannya dengan baik. Bagaimana terjun ke dalam dunia kerja nyata, berkompetisi, melatih kecepatan dan ketepatan dalam bekerja, belajar menghadapi tekanan, memahami dasar-dasar kepemimpinan, serta mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan bidang ilmu yang digeluti, sejalan dengan perkembangan media informasi saat ini yang sangat pesat. Keadaan ini dapat ditandai dari berkembangnya segala sesuatu yang menyangkut dengan media informasi tersebut, juga semakin tingginya kebutuhan manusia pada informasi saat ini seperti TV, radio, koran, majalah, tabloid, advertising dan lainnya. Karena semakin tingginya kebutuhan manusia akan informasi, maka perkembangan segala sesuatu yang berhubungan dalam penyampaian informasi dari satu manusia ke manusia lainnya pun turut meningkat baik pada teknologinya maupun cara penyampaiannya. Untuk menyampaikan informasi secara besar-besaran juga butuh suatu badan/lembaga/organisasi/perusahaan yang menangani segala yang dibutuhkan untuk pembuatan dan penyampaian informasi yang berupa iklan tersebut pada orang-orang yang dituju, dan salah satu perusahaan yang menangani jasa periklanan tersebut adalah Advertising Perusahan Advertising itu sendiri butuh peranan beberapa orang designer (orang yang membuat desain) untuk bisa mendesain penyampaian informasi yang baik dan mudah untuk dipahami oleh orang yang membacanya. Selain itu, peranan para designer pada media iklan adalah agar membuat orang tertarik untuk memperhatikan objek yang dibuat. Di dalam perusahan perikanan terdapat bagian yang menangani pekerjaan antara kreatif dan produksi. Bagian ini terdiri dari tata letak/perwajahan, desain, pembuatan konsep dan produksi. Di bagian inilah perusahaan periklanan membutuhkan peran seorang designer. Seorang designer bekerja menggabungkan antara seni dengan teknologi komputer guna menghasilkan suatu karya seni yang dapat menunjang perwajahan dari suatu perusahaan periklanan. Dalam perusahaan periklanan atau Advertising biasanya ada beberapa tenaga desain yang pekerjaannya disesuaikan dengan kebutuhan produk iklannya. Untuk menjadi designer, seseorang paling tidak harus menguasai seni grafika (grafity art) dan komputer, karena kedua keterampilan itu merupakan pengetahuan dasar untuk menguasai desain. Secara formal, keterampilan tersebut didapat dari pendidikan seorang mahasiswa/i yang keahliannya dibutuhkan oleh perusahaan. Pada dasarnya Kerja Praktek ini merupakan salah satu bagian dari satu mata kuliah yang harus di tempuh oleh seorang Desain Komunikasi Visual, dimana merupakan salah satu uji coba didalam penguasaan akan pengajaran yang berupa penguasaan cetak informasi, publikasi, media penerbitan, periklanan dan promosi, serta apakah sudah mampu bekerjasama dengan disiplin ilmu lain. Berdasarkan hal tersebut perlunya pelaksanaan kerja praktek disamping sebagai salah satu syarat kelulusan, juga untuk mendapatkan tenaga kerja siap pakai, terampil dan cekatan. Selain itu mahasiswa/i juga mampu menciptakan suatu karya yang bernilai tinggi. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu dengan cara menyelenggarakan mata kuliah Kerja Praktek, dimana mahasiswa/i dapat terjun langsung ke lapangan kerja agar lebih paham akan bidang yang akan mereka geluti.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item View Item